LOADING

Type to search

Gerakan Spiral Literasi Rumpaka Percisa #2

Vudu Abdul Rahman 1 tahun ago
Share

Angkatan Kelima (2014 – 2015)

Kecenderungan potensi angkatan kelima yaitu anak-anak yang memiliki musikalitas tinggi. Mereka diberdayakan dalam pembuatan lirik lagu dan musik hingga masuk ke dapur rekaman (Monday Lab Record) di Cempaka Kota Tasikmalaya.

Sebanyak sepuluh lagu direkam dengan memberdayakan vokal, alat musik, dan lirik yang dikuasai anak-anak angkatan kelima. Merilis album lagu “Nyawa Bunga” berskala lokal, interlokal, nasional, dan internasional.

Salah satu lagu dalam album Nyawa Bunga dijadikan soundtrack sebuah komik berjudul “Shelter Of The Sky” yang diterbitkan Slowork Publishing Hongkong.

Meluncurkan buku antologi cerita pendek dan jurnal berjudul sama dengan album “Nyawa Bunga”. Membuat video diary yang melatarbelakangi peluncuran album Nyawa Bunga yaitu “Di Balik Nyawa Bunga”, menceritakan tentang lagu anak-anak yang jarang diputar media elektronik dan audiovisual di Indonesia. Gerakan hingga pada tahun ini diilustrasikan dalam komik “Shelter of the Sky” Slowork Publishing – Hongkong.

Angkatan Keenam (2015 – 2016)

Beberapa anak diberdayakan kemampuannya dalam membuat komik strip. Anak-anak yang bernama Faisal, Ratu Indira Bhatari, dan Mutia Rahma berhasil membuat komik strip yang diterbitkan  Slowork Pubishing Hongkong.

Mengadakan kemping dua hari satu malam di Sungai Cireong Sukaresik Kabupaten Ciamis dengan tema, “Berguru Kepada Petani” dengan tujuan mendekatkan anak-anak angkatan keenam kepada alam agar menghargai orang-orang yang merawatnya, seperti petani.

Membuat video diary berjudul, “Madrasah Impian”, “Kampung Angklung Linggamani”, “Pejuang Dendasi”, dan “Berguru Kepada Petani”.

  • Angkatan Ketujuh (2016 – 2017)
  • Setelah berjalan hampir enam tahun, SDN. Perumnas Cisalak menjadi salah satu sekolah perintis dalam program West Java Leader’s Reading Challenge Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Ibu Ade Rastuti, S. Pd., selaku kepala sekolah penggerak membuka pintu terhadap gerakan yang dilaksanakan Percisa dalam menggelorakan literasi di lingkungan sekolah.
  • Komunitas Percisa membelah diri menjadi Sekolah Bacaan SDN. Perumnas Cisalak (Sabak Percisa) dan Rumah Pustaka Pers Cilik Cisalak (Rumpaka Percisa) mulai akhir tahun 2016.
  • Sabak Percisa sebagai ruang pengembangan literasi di lingkungan SDN. Perumnas Cisalak. Sedang Rumpaka Percisa menjembatani anak-anak senidiri, tetangga, sekolahan, dan para pegiat literasi agar memiliki minat baca dan menggaungkannya di lingkungan masyarakat.

Kegiatan Sabak Percisa lebih cenderung mengikuti program WJLRC Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Anak-anak binaan ditantang membaca minimal 24 buku selama 10 bulan. Jika anak-anak berhasil menyelesaikan tantangan tersebut, penghargaan yang didapatkan diberikan Gubernur Jawa Barat dan Pemerintah Australia Selatan.

Rumpaka Percisa menampung anak-anak di sekitar Bantarsari No. 100 B RT 4 RW 16 Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Kegiatannya sederhana, memfasilitasi anak-anak yang sangat membutuhkan bahan bacaan berkualitas.

Literasi akan berjalan dan tidak terputus jika mulai dari rumah, masyarakat, dan sekolah memiliki jembatannya. Peningkatan minat baca adalah tanggung jawab bersama. Alasan tersebut merupakan langkah Percisa, menjadikan Rumpaka dan Sabak sebagai kaki-kaki komunitas yang mengajak komunitas-komunitas lain bergerak bersama dan berkolaborasi dalam karya.

Pada bulan Juli 2017, berkesempatan membentuk Forum Taman Bacaan Masyarakat yang diketuai Pak Iyep (PKBM Harapan Bunda) dan Yeyen Marhaenia sebagai sekretaris (Pelita GLS Kota Tasikmalaya).

Merancang gerakan spiral literasi yang berpusat di titik Rumpaka Percisa yang kemudian titik-titik lainnya, disambungan dengan garis-garis gerakan, antara lain: Sabak Percisa, Kebun Buku, Gali Nagari, Galeri Jalanan, Carangka Elmu, Taman Rumi, Tangkal Kopi, Pamipiran Motekar, Pelita Tasik, Pelita GLS Kota Tasikmalaya, Sanggar Klasik Pak Datuk, SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya, Save the Children, FTBM Kota Tasikmalaya, FTBM Jabar, PP FTBM, Saung Langit Book Club – National Dong Hwa University Taiwan, Slowork Publishing.

Rumpaka Percisa dijadikan pintu masuk bantuan-bantuan buku yang kemudian disebarluaskan melalui komunitas-komunitas di atas. Beberapa agenda yang disepakati bersama komunitas-komunitas dalam gerakan spiral literasi ini, yaitu:

Meminjamkan berbagai jenis buku ke setiap komunitas literasi.

Setiap satu bulan sekali dirotasi.

Melaksanakan kegiatan bersama yang diwujudkan dengan karya kolaborasi; penerbitan buku komik, puisi, cerpen, audiovisual, film pendek, video musik, album lagu, dan lainnya.

Melahirkan karya kolaborasi multiliterasi.

Menggali dan mengasah potensi.

Melahirkan karya buku, video jurnal, video klip, film pendek.

Membentuk pola gerakan spiral literasi ke setiap komunitas.

Memengaruhi gerakan komunitas-komunitas dengan penguatan literasi.

Memberi ruang kreativitas kepada anak-anak remaja.

Memberi kesempatan anak-anak remaja untuk menemukan kembali potensi dirinya.

Menjadikan Tangkal Kopi sebagai tempat singgah literasi.

Menyelenggarakan bedah buku setiap satu bulan sekali di Tangkal Kopi dalam bingkai acara “Secangkir Cerita”.

Menjadikan Sabak Percisa sebagai pusat gerakan literasi sekolah di Kota Tasikmalaya.

*) Bagian #3 klik di sini

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love

1 Comments

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…