LOADING

Type to search

Fakta Menarik tentang Buku

Edi Dimyati 1 tahun ago
Share
  • Pada tanggal 24 Mei 2004 ada peristiwa unik di Australia. Rekor dunia baca buku terlama dengan suara keras telah terjadi di sana. Bertempat di “the Sutherland Library”, Sydney, New South Wales, Ke-enam orang: Amy White, Kristy Wright, Brian Jones, Michael Dahl, Jeanette Dean & Georgina Konstana membacakan buku-buku dengan berteriak secara maraton selama  81 Jam 15 Menit (Dari tgl 24-27 Mei 2004).

  • Barbara Cartland adalah novelis paling produktif. Perempuan ini bisa menyelesaikan penulisan novelnya setiap dua minggu sekali. Ia telah menerbitkan 723 novel.

  • Kertas pertama kali ditemukan oleh seorang politikus dari cina bernama Ts`ai Lun. Sekitar tahun 105, Ia kerap mengumpulkan kain bekas, kulit kayu dan jaring ikan yang sudah lapuk serta beberapa utas tali . Bahan-bahan tersebut direndam dalam sebuah bak yang berisi air. Lalu, dengan menggunakan balok ia mengaduk dan memukul-mukulnya sampai tercampur. Kemudian campurannya dimasukan ke dalam cetakan. Ketika sudah mengering Tsa`ai Lun mengeluarkannya dan hasilnya sudah menjadi kertas. Di dunia, lembaran  kertas hasil kreasi Ts`ai Lun adalah yang pertama.

  • Diamond of Sutra adalah sebuah buku yang pertama kali dicetak dalam jumlah yang sangat banyak. Buku  tersebut diterbitkan di Korea  sekitar tahun 1409.

  • Buku pertama yang bersampul tipis dicetak pertama kali di Jerman pada tahun 1841. Buku tersebut sangat laris di Inggris. Buku-buku bersampul tipis itu sangat digemari juga oleh orang-orang Amrik.

  • Satu-satunya jin yang pernah diwawancara adalah Jin Muslim. Wawancaranya bisa di baca dibuku Dialog dengan JIN Muslim karya Isa Dawud yang terbit di Jedah tahun 1992.

  • Selama tahun 2007 di Indonesia memang banyak sekali buku-buku yang juga terbilang aneh di toko buku. Tujuannya sih untuk menarik perhatian pembaca. Ada buku yang diselipkan CD Musik. Ada buku yang dilengkapi juga dengan permainan semacam monopoli. Ada sebuah buku yang hanya dibuat selama 3 minggu. Ada buku yang dibuat dari wawancara dengan orang mati. Ada buku yang dibuat untuk meramal  masa yang akan datang (kiamat). Ada buku yang dibuat dari pengalaman chatting. Ada buku yang terbelah dua di tiap lembar halamannya. Dan banyak lagi.!

  • Dulu, sekitar tahun (1124-1164) Kaisar Jepang Sutoku pernah menulis buku aneh. Soalnya buku yang ia tulis dengan menggunakan darahnya sendiri sebagai tinta.  Ia menyalin buku Lankavara Sutra, sebuah buku agama setebal 135 halaman, 1.215 baris dan 10.500 kata.

  • Gadsby adalah sebuah novel yang sangat unik. Pasalnya,novel besutan E.V. Wright  kelahiran Inggris  yang terdiri dari 50.000 kata itu sangat membuat kaget pembacanya. Dalam novel itu kita tak akan pernah menemukan satu pun huruf e.

  • Sebuah buku yang diterbitkan oleh musuh Duke. Selain buku gambar,mungkin buku yang berjudul The Exploits of The Duke d`pernon adalah satu satunya  buku yang semua halamannya polos. sang penulis tidak menuliskan satu patah katapun dalam buku setebal 500 halaman itu. Penulis sebenarnya ingin menyampaikan pesan kritik kepada para pembacanya, bahwa Duke d`Epernon selama hidupnya tidak pernah membaca.

  • Buku merupakan perbendaharaan yang tidak ternilai untuk kemajuan hidup. Hidup kita seluruhnya adalah masa belajar. Sabda Nabi: Tuntutlah pengetahuan itu dari buaian sampai ke lubang lahat.

  • Baca buku adalah hobi yang paling sedikit mengeluarkan uang. Menurut survey, justru berkebun adalah hobi yang paling menguras dompet dibandingkan dengan hobi-hobi lainnya.

  • Bill Gates, adalah salah satu Orang terkaya di dunia  yang sejak kecil punya hobi membaca ensoklopedia. Kekayaanya, kalau ditukarkan dengan uang koin Rp. 100,- dan dikumpulkan/ditumpukan bisa mengalahkan gunung Everest.

  • Membaca  buku,  katanya bisa menambah umur satu hari untuk setiap buku yang dibacanya. Tapi perlu diingat dan hanya sebagai catatan saja:  bahwa Cuma ada satu  dari 2 milyar orang yang bisa bertahan hidup hingga usia 116 tahun atau lebih.

  • Dalam sebuah perpustakaan, disarankan: warna rak buku tidak berwarna biru. Ada kemungikan dalam rak itu bisa dijadikan markas berkumpulnya nyamuk. Karena nyamuk dua kali lebih tertarik sama warna biru ketimbang warna-warna lainnya.

  • kata ‘OZ’ dalam kisah dongeng the Wizard of OZ bermula saat sang penulis, Frank Baum, nggak sengaja melihat ke susunan abjad O-Z di Filing Cabinet-nya.

  • Dalam kenyataannya, ketika membaca pun kita sering berkedip. Tau nggak: Dalam Setahun, kita rata-rata mengedip sekitar 4,2 juta kali

  • Buku dengan judul yang terpanjang di dunia. Banyak cara kalau sang penulis mau hasil karyanya menjadi best seller. Selain isinya mesti menarik, promosi bukunya juga harus gencar mengena kepada calon pembaca, Cara lain bisa juga dengan membuat suatu daya tarik dengan menciptakan sesuatu yang mendapat perhatian. The longest title of a book is 1,433 characters (290 words) and was written by Davide Ciliberti (Italy) in July 2007. Mau tahu judul bukunya? Siap-siap tarik nafas ………….. ‘”Per favore dite a mia madre che faccio il pubblicitario lei pensa che sono un pierre e che quindi regalo manciate di free entry e consumazioni gratis a chi mi pare, rido coi vips, i calciatori le veline e le giornaliste, leggo Novella e mi fotografano i paparazzi, entro neI privé saltando la coda, bevo senza pagare, sono ghiotto di tartine e gin tonic, ho la casa piena di oggetti di design, conosco Paris Hilton, Tom Ford ed Emilio”

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Tags:

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…