LOADING

Type to search

Opini

Pilih Salah Satu

Share

Saya tiba di sebuah sekolah yang akan latihan pantomim. Teriak panggilan anak dari jauh sudah terdengar. Saya hanya melambaikan tangan dan langsung menuju ke ruang latihan. Anak-anak pun mengikuti dari belakang.

Diawali dengan salam dan langsung melakukan pemanasan. Tertawa selalu mengiringi latihan kami. Ada yang karena salah teknik, ada juga karena kelelahan. Latihan pantomim memang seperti olahraga karena menguras tenaga yang cukup banyak.

1 jam sudah berlalu. Kami lanjutkan istirahat sambil mengobrol santai. Ada juga yang membaca buku yang saya bawa.

“Ka Khotib pilih mana? Membaca apa pantomim?” tanya anak tiba-tiba.

“Dua-duanya” Langsung saya jawab cepat.

“Harus pilih salah satu, Kak. Pilih membaca apa pantomim?” mereka menegaskan pertanyaan.

Ini pertanyaan dari anak kecil yang harus saya jawab. Walaupun sebenarnya saya suka dua-duanya tidak bisa pilih salah satu. Membaca buku saya suka apalagi pantomim salah satu seni yang kusukai pula.

“Begini, apapun profesi kalian nanti tetap harus membaca. Mau jadi dokter, polisi, guru, presiden, arsitek, atau bahkan jadi seniman pun jangan meninggalkan yang namanya membaca. Karena tidak ada orang yang sukses yang tidak membaca”. Saya mencoba menerangkan dengan pola pikir mereka.

Rasanya melihat mereka ingin kembali kecil lagi. Memperbaiki isi hari dengan membaca. Tidak main-main terus yang dilakukannya. Hati ini seperti menyesal terus ketika mengingatkan anak-anak untuk membaca. Kenapa menyadari pentingnya membaca itu baru kemarin.

“hahaha…!” terdengan suara anak dari belakang.

Ternyata suara anak yang sedang membaca buku yang saya bawa.

“Ka Khotib, boleh pinjam buku ini. Bukunya asyik dan lucu”. Lanjut dia.

Saya hanya menganggukkan kepala. Dia kegirangan riang gembira. Ini pemandangan yang indah ketika ada anak yang begitu menikmati membaca buku. Membaca itu seperti makan makanan kecil. Gurih, nikmat dan lezat. Dan dengan membaca bisa bercanda dengan buku seperti yang dilakukan anak tersebut.**

Leave a Comment