LOADING

Type to search

Rafe’i Ali Institute Selenggarakan Safari Literasi

Atih Ardiansyah FZ 6 bulan ago
Share

Rafe’i Ali Institute (RAI) memulai rangkaian Safari Literasi ke SMP IT Nurul Yaqin, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang, Selasa (25/10). Safari Literasi ┬ámerupakan upaya RAI dalam menebar virus literasi ke sekolah-sekolah. Programnya berupa workshop menulis fiksi-nonfiksi, jurnalistik, aktivasi mading sekolah, inisiasi jurnalistik pelajar, gerakan membaca dan cinta perpustakaan dan sebagainya.

Direktur Eksekutif Rafe’i Ali Institute, Atih Ardiansyah, menyebut Safari Literasi merupakan program jemput bola.

“Selama ini, kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan RAI terfokus di Balai Ilmu Pengetahuan Rafe’i Ali, di Kampung Jaha Masjid. Kita ingin memperluas spektrum, biarkan BIP RAI menjadi episentrumnya,” ujar Atih.

Ditambahkan Atih, bahwa saat ini RAI telah membuka beberapa titik pusat belajar berbasis perpustakaan yang dikolaborasikan dengan warga. Dua di antaranya di RW 03 Desa Sukamaju dan di RW 06 Komplek Griya Labuan Asri.

“Di RW 06, kita sudah musyawarah dengan RT-RW sampai ketua DKM. Kebetulan sudut baca yang kita kembangkan di dekat masjid. Harapan kami, keberadaan sudut baca tak hanya menjadi perpustakaan semata, tetapi bisa menstimuli adanya semacam Islamic Centre.”

Di SMP IT Nurul Yaqin, Patia, RAI menggandeng guru Bahasa Indonesia setempat untuk berbagi dan memotivasi siswa dalam membaca dan menulis. Hilman Sutedja, relawan RAI membawakan materi menulis cerpen sambil membedah proses kreatif buku kumpulan cerpennya berjudul “Lege” (Gong Publishing, 2017).

Suhadi, guru Bahasa Indonesia SMP IT Nurul Yaqin menilai agenda Safari Literasi sangat diperlukan. Hal ini karena sekolah-sekolah saat ini masih gagap dalam mengimplementasikan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

“Bersyukur sekali sekolah kami kedatangan RAI. Bagi sekolah kami, ini merupakan kegiatan bedah buku dan seminar literasi pertama sejak sekolah ini berdiri.” Ujarnya.

Bagi sekolah-sekolah yang ingin berkolaborasi dengan RAI dalam kegiatan literasi, bisa melayangkan surat permohonan atau menghubungi Saudara Faisal Hatami (085794968313).**

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…