LOADING

Type to search

Rumah Belajar Jawara dan Serambi Baca Resmi Diluncurkan

Share

Pendidikan yang berkualitas adalah hak bagi setiap anak di Indonesia. Bukan hanya pendidikan formal, pendidikan non formal juga dibutuhkan oleh setiap anak, apalagi pendidikan tersebut dikemas dengan cara yang asik, menarik, dan tidak membosankan. Tetapi hingga saat ini, masih banyak anak-anak di Indonesia, khususnya di Kota Cilegon, yang belum memiliki kesempatan ataupun ruang belajar non formal yang asik, berkualitas dan gratis.

Dengan berkejasama antar komunitas Jawara Membaca Cilegon dan Taman Baca Masyarakat (TBM) Mumu tb, pada Minggu, 08 Oktober 2017, terbentuklah program Rumah Belajar Jawara dan Serambi Baca. Di Rumah Belajar ini terdapat beberapa kegiatan belajar mengajar, seperti kelas bahasa inggris, eksperimen sains, daur ulang dan mengajar, dan kelas seni.

Rumah Belajar Jawara dan Serambi Baca terletak di Lingkungan Keserangan, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten. Rumah Belajar lebih tepatnya terletak di rumah Akhmad Zaeni, selaku pendiri TBM Mumu tb. Lahan di samping rumah, diubah menjadi tempat untuk belajar. Walaupun demikian, fasilitas dan perlengkapan pendukung tempat belajar sudah lengkap, seperti sudah ada papan tulis, rak buku, dan bahan bacaan.

Pada launching Rumah Belajar Jawara dan Serambi Baca, dihadiri oleh Hikmatullah (pegiat pendidikan non-formal Kota Cilegon), Akhmad Zaeni (pendiri TBM Mumu Tb), pengurus komunitas Jawara Membaca Cilegon, relawan mengajar, orangtua perserta didik, dan peserta didik.

Kegiatan diawali dengan sambutan kang Hikmatullah, selaku pegiat pendidikan non-formal Kota Cilegon. Hikmatullah mengatakan, “Rumah Belajar ini diharapkan dapat mengajarkan anak-anak yang kurang mampu, sehingga pendidikan di Kota Cilegon dapat dirasakan oleh semua anak-anak. Selain itu, kedepan Rumah Belajar ini dapat bekerjasama dengan Rumah Belajar di Kota Cilegon, dalam menangani anak-anak putus sekolah.”

Sambutan kedua oleh Akhamd Zaeni, selaku pendiri TBM Mumu tb. Akhmad Zaeni mengatakan, “Kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan setiap hari Minggu pagi dari pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB, diharapkan kepada orangtua peserta didik untuk mengingatkan anaknya untuk datang ke Rumah Belajar, sehingga proses belajar dapat berjalan dengan baik dan lancar.”

Sambutan ketiga oleh Ipmawan Hari Sanjaya, selaku ketua komunitas Jawara Membaca Cilegon. Ipmawan mengatakan, “Untuk adik-adik peserta didik diharapkan untuk tetap semangat dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah belajar. Karena minggu depan adalah kelas bahasa inggris, diharapkan adik-adik peserta didik untuk membawa buku paket atau buku tulis bahasa inggris, untuk menyamakan kurikulum yang ada.”

Setelah sambutan-sambutan selesai, agenda selanjutnya adalah pembukaan launching Rumah Belajar Jawara dan Serambi Baca oleh Hikmatullah dan Akhmad Zaeni.

Karena serangkaian acara telah selesai, akhirnya kegiatan launching Rumah Belajar diakhiri dengan doa bersama. Kemudian dilanjutkan pengenalan antara pengajar dan peserta didik agar lebih dekat dan lebih akrab untuk kegiatan belajar mengajar diminggu depan, serta ditutup dengan makan bakso secara bersama-sama.[]

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Previous Article
Next Article

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…