LOADING

Type to search

Zaman “Now” Memang Aneh, Banyak Orang Gak Suka Baca Buku

TBM Lentera Pustaka 12 bulan ago
Share

Aneh itu artinya “tidak seperti biasa yang kita lihat, ajaib atau ganjil” gitu. Kalo “aneh-aneh”; artinya macam-macam. Mungkin zaman now, tergolong zaman aneh; berbuat yang aneh-aneh. Atau perilaku banyak orang aneh… bener gak ya?Bisa jadi, kata banyak orang. Zaman now emang aneh. Aneh bin ajaib deh.Pergi pagi pulang malam buat kerja. Tapi tiap hari kerjaannya ngeluh mulu.

Si miskin doyannya makan daging. Ehh si kaya malah pengen makan sayur doang.

Banyak laki-laki pengen badannya berisi. Ehh yang perempuan malah pengen kurus.

Makin aneh lagi, hewan piaraan malah dipakein baju. Tapi yang melihara malah jarang pake baju.

Zaman now, emang aneh. 

Dulu lagi gak punya uang pengen banget nikah. Giliran udah punya uang malah pengen pisah.

Orang kaya pura-pura miskin. Giliran orang miskin malah pura-pura kaya.

Duduk samping-sampingan tapi berasa jauh karena pada maen gadget. Giliran jauh teriak-teriak kangen pengen ketemu. Orang-orang aneh.

Zaman now, emang udah susah ditebak.Tiap hari bawaannya dakwah melulu. Tapi sholat gak mau di masjid, ngajinya jarang. Berasa dirinya paling benar sendiri. Orang lain yang beda sama dia, langsung divonis sebagai orang jahat. Kalo ditanya semua pengen ke surga, tapi perilakunya jauh banget dari ciri-ciri orang surga.Zaman now emang aneh. Susah ditebak sulit diterka. Terus mau gimana lagi kalo gitu…

Zaman now makin aneh.Karena sekarang susah banget bisa ngeliat mahasiswa di kampus makan sambil baca buku. Udah jarang orang di kereta di bis sambil baca buku. Semua mereka udah gak suka buku, lebih suka gadget.Orang yang buta huruf pengen banget bisa baca. Ehh orang yang pada jago baca sekarang ini malas banget baca. Anehnya lagi, kalo disuruh baca malah minta dibacain. Pantes ada hasil riset, katanya orang Indonesia 90% gak suka baca. Mungkin sukanya “ngomongin orang” kali ya….

Zaman now, emang aneh.Katanya membaca itu penting. Paham dan sadar betul. Tapi dia sendiri gak pernah baca. Hidupnya jauh dari buku… aneh. Maka TBM Lentera Pustaka, cita-citanya sederhana aja. Cuma pengen anak-anak yang selama ini gak punya akses bacaan jadi punya waktu untuk membaca, tentu secara rutin. Biar anak-anak punya tradisi baca dan budaya literasi yang lumayan. Agar bisa berubah cara pikir dan perilakunya kelak…. Semoga aja Allah izinkan ya.Zaman now harusnya berani berubah.Berubah apa saja, asal bisa jadi lebih baik. Lebih bermanfaat buat orang banyak bukan buat diri sendiri. Berubah dari gak suka baca buku jadi doyan baca buku. Dari gak suka nyumbang buku jadi doyan nyumbang buku.

Zaman now udah kayak gini. Mau diapain lagi? Mau ikut hanyut dalam kenistaan dan kamuflase. Atau mau bertahan sesuai aslinya; apa adanya saja.

Zaman now, semua orang pengen berubah.Tapi gak banyak dilakukan untuk berubah. Maka gak akan ada waktu yang tepat kalo hanya menunggu. Mulailah berubah dengan “membaca”.Karena dengan membaca, kita akan berubah. Karena kita, mungkin sudah susah dinasehatin orang lain.Lebih baik berubah sekarang, mulai membaca lagi dan untuk diri sendiri saja dulu. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali….

#TBMLenteraPustaka#BacaBukanMaen

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Tags:

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…