LOADING

Type to search

Pembiasaan dan Pendidikan Karakter Anggota TBM Al-Hidayah

INE YUNIAR SURYADI 1 tahun ago
Share

 

Membiasakan anggota untuk menulis sendiri pada saat mengisi formulir pendaftaran dan buku peminjaman adalah salah satu cara TBM Al-Hidayah melatih anak dalam literasi baca tulis dan literasi berhitung. Pembiasaan ini dilakukan agar kedatangan mereka tidak hanya sebatas meminjam buku tetapi terlatih untuk menulis, membaca dan berhitung. Upaya yang dilakukan ternyata mendapatkan tanggapan positif dari para orang tua yang mengantarkan anaknya meminjam buku, salah satu dari mereka mengatakan “Pembiasaan menuliskan sendiri adalah hal yang mendidik dan harus tetap dipertahankan, agar anak terpacu untuk menulis dengan rapi dan jelas”.

Pada upaya pembiasaan yang diterapkan mengandung pula Pendidikan karakter, dimana anak dilatih percaya diri untuk menulis didepan orang lain, karena tidak jarang anak merasa malu dan enggan menuliskannya sendiri. Sifat saling menolong pun tercermin antarteman, ketika ada yang merasa kesulitan maka teman yang sudah paham dengan cekatan langsung bersedia membantu. Disanalah dapat kita lihat bahwa pembelajaran tutor sebaya sedang berlangsung, tidak harus selalu dengan posisi duduk yang rapih dan tangan yang terlipat serta tatapan yang terpusat kedepan layaknya pembelajaran serius. Ternyata pembiasaan yang sederhana yang diterapkan pada proses peminjaman buku pun mengandung nilai pembelajaran dan pendidikan karaker.

Mengenalkan anak pada literasi tidak hanya sebatas menyediakan bahan bacaan dan tempat untuk mereka membaca dan selesai sampai disana. Namun harus ada upaya yang dibelajarkan, diajarkan, agar menjadi seorang pembelajar yang senantiasa mengajarkan pembelajaran kepada pembelajar. Pembiasaan yang dilakukan TBM Al-Hidayah kepada para anggotanya adalah salah satu upaya yang dilakukan guna peningkatan pemahaman literasi kepada para anggota.

Karena literasi itu bukan hanya sebatas membaca dan dilupakan begitu saja. Tapi Literasi Itu Membaca, menerjemahkan, memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta ada yang dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Harus ada yang didapatkan dan disampaikan setelah kita membaca. Bukan membaca lalu dilupakan..

#SalamLiterasi

#Pkbmalhidayah_dhf

#KampungLiterasi

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…