LOADING

Type to search

Share

Mengabdi kepada masyarakat adalah kegiatan yang perlu diterapkan oleh seorang mahasiswa. Keresahan melihat mahasiswa yang lebih memilih menghabiskan waktu dengan smartphone daripada membaca mulai timbul oleh seorang mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Sekolah Dasar di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, beliau adalah Pravilian Panji Prastyo, biasa di sapa dengan panggilan Jul. Menurutnya, membaca akan menenangkan fikiran juga menambah wawasan, membaca pun akan mengantarkan kita menjadi pribadi yang menginspirasi. Ia juga pernah mengatakan suatu kalimat untuk mimpinya yang satu ini, “Iseng-iseng bertanggung jawab.” Salah satu warga masyarakat sekitar UPI Kampus Purwakarta pernah bercerita kepada saya bahwa masyarakat membutuhkan kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak, “Mengabdi lah di lingkungan sekitarmu terlebih dahulu sebelum kau menuju ke pedalaman.

Jul memiliki banyak mimpi, salah satu mimpinya yaitu membentuk Taman Baca Masyarakat untuk meningkatkan minat baca. Ia ingin memfokuskan tujuan dari TBM yang ingin ia bentuk yaitu untuk anak-anak. Nama TBM yang direncanakan adalah TBM Bumi Sawios. Jul mencoba mengajak mahasiswa UPI Kampus Purwakarta untuk mendirikan TBM. Ia pun menjadi pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta sebagai ketua Divisi Pengabdian Pada Masyarakat. Beberapa pengurus BEM membicarakan terkait kegiatan mengabdi dari mahasiswa untuk meningkatkan minat baca anak. Hasil dari pembicaraan tersebut, akhirnya sepakat bahwa kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak diberi nama “Rumah Impian”. Dengan beberapa pertimbangan, Rumah Impian merupakan sebuah komunitas di bawah naungan Divisi Pengabdian Pada Masyarakat, BEM UPI Kampus Purwakarta untuk meningkatkan minat baca anak, mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan-kegiatan bonus dari para relawan yang disebut juga Pecandu Literasi, dimana Pecandu Literasi akan menggerakkan Komunitas Rumah Impian dengan merancang dan menjalankan kegiatan-kegiatan baik untuk anak-anak di wilayah sekitar UPI Kampus Purwakarta, maupun untuk para relawan agar menjadi orang yang menginspirasi dan saling menguatkan satu sama lain.

Komunitas Rumah Impian resmi dibentuk pada tanggal 1 September 2016 berlokasi di Majelis Ta’lim di Jalan Sudirman, Gang Melati 1 RT 55 RW 06 Kelurahan Nagri Kaler, Kabupaten Purwakarta. Relawan dari Komunitas Rumah Impian adalah para mahasiswa UPI Kampus Purwakarta yang telah mendaftarkan diri menjadi relawan. Setelah ditentukan struktur kepengurusan dari Komunitas Rumah Impian, para relawan pun mengonsepkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk anak-anak dan para relawan.

Kegiatan yang telah disusun untuk anak-anak dengan jadwal setiap hari Sabtu pukul 9 pagi hingga 11 siang yaitu:

  • Giat Soleh-SolehahKegiatan ini merupakan kegiatan awal dimana anak-anak membaca iqro’ yang dibimbing oleh para relawan, kemudian anak-anak dan para relawan membaca surat-surat pendek.
  • SenamKegiatan ini merupakan kegiatan awal dimana anak-anak dan para relawan senam gembira. Relawan mempersiapkan lagu untuk senam. Biasanya senam yang dilakukan yaitu senam pinguin, chicken dance, baby shark dance, dan senam untuk TK juga SD.
  • Membaca YukKegiatan ini merupakan kegiatan setelah Giat Soleh-Soleha dan Senam. Anak-anak memilih buku yang ingin mereka baca, para relawan mendampingi anak-anak. Dalam kegiatan ini juga anak-anak dibimbing dalam kelancaran membaca.
  • Bermain YukKegiatan ini merupakan kegiatan akhir sebelum anak-anak pulang. Biasanya kegiatan ini diisi dengan pijat-pijat sambil bernyanyi, bermain permainan sederhana seperti bermain pengelompokan, bermain pohon-tupai, bernyanyi lagu Naik Delman sambil memperagakan gerakan sederhana, dan sebagainya.
  • Sinau InggrisPara relawan mempersiapkan permainan yang mana terdapat unsur pembelajaran bahasa Inggris, misalnya bernyanyi “If You Happy” sambil menari bersama-sama.
  • Berkarya dengan OrigamiPara relawan membentuk kelompok yang terdiri dari 5 anak, satu kelompok terdiri dari 2 relawan dan 5 anak. Para relawan mengajak anak-anak untuk melipat origami menjadi sebuah bentuk. Hasil tersebut dibebaskan oleh anak bahwasanya anak dapat membawa pulang karyanya.
  • Belajar DramaPara relawan memperkenalkan jenis-jenis ekspresi kepada anak-anak melalui permainan, misalnya permainan mengekspresikan gambar yang ditunjuk oleh relawan.
  • Cooking FunPara relawan mempersiapkan alat dan bahan. Kemudian anak-anak dibentuk menjadi beberapa kelompok, para relawan membimbing anak-anak untuk membuat roti.
  • Drawing FunPara relawan mengajak anak-anak untuk membentuk kelompok. Biasanya kegiatan ini bermacam-macam, yaitu menggambar bebas, menggambar dengan pola awal angka-angka, dan sebagainya.
  • Mencari Jejak SampahPara relawan mengajak anak-anak untuk jalan-jalan sekitar Gang Melati sambil mengambil sampah di sekitarnya. Anak-anak juga belajar membedakan sampah organik dan anorganik.
  • Nonton Bareng (NOBAR)Para relawan menampilkan film anak-anak tentunya film kartun dimana film tersebut yang memiliki nilai moral. Setelah film tersebut selesai, anak-anak mencoba menjelaskan intisari dari film tersebut.
  • Wisata SeniAnak-anak berkeliling dan belajar seni ke stand yang telah disiapkan oleh para relawan, dimana stand tersebut terdiri dari stand musik, stand dongeng, dan stand seni rupa.
  • Berpetualang Para relawan dan anak-anak jalan-jalan ke museum Purwakarta.

Sedangkan program yang telah disusun untuk para relawan yaitu:

  • BANG JALI (Bareng-bareng Jogging ala Pecandu Literasi)Para relawan jogging bersama kemudian bermain permainan kekompakan yang dibagi menjadi 2 kelompok.
  • LiliwetanPara relawan memasak makanan khas Sunda yaitu Nasi Liwet dan Asin. Kemudian makan bersama dan berbincang-bincang mengenai dunia literasi.
  • Hayu Meet UpPara relawan berkumpul untuk mempersiapkan kegiatan anak-anak, mempersiapkan kegiatan untuk para relawan, juga program unggulan. Kegiatan ini juga kegiatan berbagi cerita tentang perjalanan selama di Komunitas Rumah Impian.
  • UpgradingPara relawan berkumpul dan menginap di suatu tempat. Selama berada di tempat tersebut terdapat berbagai kegiatan dan permainan untuk meningkatkan wawasan literasi dan mengikat tali silaturahmi.

Komunitas Rumah Impian memiliki program unggulan untuk meningkatkan kualitas seluruh relawan Rumah Impian. Program unggulan Rumah Impian yaitu Temu Komunitas, Ekspedisi Literasi, dan Lapak Baca. Temu Komunitas adalah kegiatan silaturahmi antara TBM dan Komunitas di Kabupaten Purwakarta. Ekspedisi Literasi adalah kegiatan pengenalan literasi ke pedalaman dengan membawa buku bacaan anak-anak. Lapak Baca adalah kegiatan membuka tempat membaca untuk masyarakat umum dimana relawan menyediakan buku-buku bacaan.[]

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…