LOADING

Type to search

TBM Sebagai Agen Antikorupsi

RISDIANTO HERMAWAN 10 bulan ago
Share

Korupsi dan gratifikasi, dua penyimpangan yang sangat dibenci oleh seluruh negara di dunia. Tidak hanya di lingkungan pemerintahan saja, masyarakat bawah pun sangat membencinya. Mereka lah yang menjadi korban nyata dari praktik Korupsi dan gratifikasi. Kemiskinan, ketimpangan pendidikan, sampai pada tergerusnya kesejahteraan masyarakat menjadi dampak nyata yang terjadi saat ini.

Penanaman nilai-nilai INTEGRITAS sejak dini perlu dilakukan untuk memotong mata rantai praktik korupsi. Mulai dari lembaga pendidikan anak usia dini, sampai pada seluruh elemen masyarakat harus mendapatkan pendidikan dan pengetahuan ANTI KORUPSI. Sehingga Indonesia akan menjadi negara dengan masyarakatnya yang sejahtera secara merata.

Banyak masyarakat yang berbondong-bondong menyuarakan menolak praktik korupsi dan gratifikasi. Tetapi pada kenyataanya, mereka melakukan tanpa mengetahui. Hal ini saya ketahui pada saat pemutaran film di TBM Wadas Kelir sebagai salah satu upaya sosialisasi anti korupsi dan penanaman nilai-nilai INTEGRITAS pada msyarakat, melalui pertanyaan yang dijawab secara jujur oleh masyarakat.

Intinya, masyarakat membenci korupsi dan gratifikasi. Tetapi mereka sendiri tidak mengetahui praktik-praktik kecil korupsi dan gratifikasi, sehingga terkadang mereka juga melakukannya. Ketika ada pemilihan pemimpin mulai dari tingkat desa dan kelurahan sampai pada kepala negara contohnya, kebanyakan msyarakat lebih memilih calon yang memberi mereka uang tanpa mempertimbangkan dampak korupsi yang akan terjadi.

Memberikan pengetahuan tentang korupsi, gratifikasi, dan segala jenis praktik lainnya sangat penting dilakukan agar masyarakat memiliki pengetahuan dan mencegah segala bentuk tindakan korupsi dan gratifikasi. Dari sinilah peran nyata TBM di seluruh Nusantara sangat dibutuhkan, terutama  40 TBM yang terpilih dalam program Tali Integritas KPK.

Salah satunya TBM Wadas Kelir,  dengan salah satu kegiatannya untuk memberikan pendidikan anti korupsi dan penanaman nilai-nilai INTEGRITAS, yaitu dengan sosialisasi dan pemutaran film-film KPK. Dari sini masyarakat mengetahui tentang pentingnya pendidikan anti korupsi dan pencegahan praktik-praktik tidakan korupsi dan gratifikasi. TBM Wadas Kelir juga membentuk tim penyuluh anti korupsi di setiap lini kegiatan masyarakat yang terdiri dari bunda-bunda PAUD, ibu-ibu PKK, Pendidik TPQ, dan Ketua RT.

Salam Literasi! “Wadas Kelir, Lawan Korupsi!” []

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments
Spread the love

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…