LOADING

Type to search

Di Depan Pak Mentri Kala Itu

Share

Bahwa sejatinya mimpi adalah sesuatu hal yang ajaib. Dan membaca menjadi suatu hal yang tak pernah terlepas dari mimpi.
Ini menyoal tentang mimpi anak-anak di TBM Wadas Kelir. Mimpi yang tiba-tiba menemukan takdirnya hingga menyisakan catatan manis kehidupan anak-anak Wadas Kelir. Inilah kisahnya.

Menjadi hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Bertemu Pak Menteri pendidikan kala itu, Pak Anies Baswedan dan membacakan sebuah puisi karena membaca. Sejak ada taman baca, semua anak-anak mempunyai teman baru. Buku. Ya, teman baru anak-anak adalah buku.

Tahun 2015 lalu, Taman Baca Wadas Kelir mengikuti Olimpiade Taman Bacaan Anak (OTBA) di Jakarta. Sebuah event pertemuan komunitas taman baca anak seluruh Indonesia. Ya, taman baca, kami menjadi salah satu taman baca yang terpilih di antara beratus taman baca yang hadir saat itu. Saat itu jelas sekali, terpancar kebahagiaan dari mata anak-anak.

Lebih membahagiakan lagi, saat salah satu anak dari taman baca Wadas Kelir mendapatkan kesempatan untuk membacakan puisi di depan Pak Anies. Kesempatan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Tapi sekarang menjadi kesempatan di depan mata.
Sungguh, rasa gugup seketika hadir di diri anak-anak dengan sangat cepatnya, terutama Wiwi. Sebab Wiwi yang ditunjuk Pak Guru untuk membacakan puisi di depan Pak Anies. Saat itu, hanya tersisa waktu setengah jam sebelum pentas.
“Kak, Wiwi ke kamar mandi. Wiwi akan buat puisi di sana.” Kata Wiwi sambil tergopoh-gopoh. Tak lama berselang, dengan bekal kertas dan bolpoint Wiwi belari menuju kamar mandi. Susah payah, Wiwi merangkai kalimat, hingga akhirnya menjadi satu buah puisi yang dia tulis dengan waktu yang singkat.

Kini tiba giliran Wiwi membacakan puisi yang dia beri judul MIMPIKU TERHADAP PENDIDIKAN. Wiwi membaca satu per satu larik puisi dengan penuh perasaan tak karuan. Setelah selesai, terdengar riuh tepuk tangan dari semua peserta, begitu juga dengan Pak Anies.

Sebuah potret yang tidak dibayangkan sebelumnya oleh anak-anak di TBM Wadas Kelir. Kesenangan mereka membaca dan bertemannya mereka dengan buku membawa anak-anak ke dalam situasi yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Bertemu Pak Mentri Pendidikan kala itu. Yang kini berdampak pada semangat anak-anak di TBM Wadas Kelir menyemai virus-virus membaca pada masyarakat.

Semoga terinspirasi! Salam literasi! []

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…