LOADING

Type to search

Share

Gerobak baca selalu berdiri terbuka menyambut kedatangan anak-anak, remaja, hingga orang tua di Taman Baca Wadas Kelir. Di kursi cokelat Taman Baca itu terkadang mengingatkanku pada sosok muda yang berpikir kreatif dan bermimpi kreatif. Ya, sebut saja guruku, Founder Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Mungkin sebelumnya penulis telebih dahulu membawa pembaca untuk merenungkan bersama makna dari berpikir kreatif. Sebab kebanyakan orang menghubungkan berpikir kreatif dengan hal-hal penemuan seperti penemuan atau pengembangan teknologi, sains, maupun karya tulis.

Dari sini tentu saja penemuan semacam itu merupakan bukti dari cara berpikir kreatif. Akan tetapi, berpikir kreatif tidak hanya terbatas untuk pekerjaan tertentu dan juga tidak untuk orang yang ekstra cerdas.

Lantas, apa yang dimaksud dengan berpikir kreatif?

Sebuah keluarga yang memiliki ekonomi menengah kebawah memiliki cita-cita untuk menyekolahkan anaknya ke universitas. Inilah berpikir reatif.

Sebuah sekolah non formal yang mengubah lingkungan belajar tidak bersih menjadi rapid an indah. Inilah berpikir kreatif.

Seorang guru yang mengembangkan kuriukulum membaca untuk meningkatkan kecintaan pada buku anak didiknya. Inilah berpikir kreatif.

Memikirkan cara-cara untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah, menjual produk kepada pelanggan melalui media sosial, membuat anak agar tetap gemar membaca – semua ini adalah contoh berpikir kreatif sehari-hari yang praktis di wadas kelir.

Dari sini kita menjadi tahu bahwa sebenarnya berpikir kreatif adalah menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan segala hal yang hasilnya tergantung pada cara apa yang dilakukan.

Untuk mengembangkan cara berpikir kreatif ini tidak semudah yang kita bayangkan. Sebab terkadang cara berpikir kita dibekukan oleh cara berpikir lama yang membuat kita sulit untuk berhasil menjadi pribadi yang kreatif. Cara berpikir lama atau cara berpikir tradisional ini pulalah yang teradang menghambat kemajuan kita dan mengutuk perkembangan kekuatan kreatif kita. Untuk itu, sekiranya ada tiga cara yang bisa memerangi hal tersebut

Pertama, jadilah orang yang tebuka. Mau menerima pendapat atau gagasan dari orang lain. Hilangkan pikiran “Tidak akan mungkin bisa”, “Buat apa melakukannya”, dan “Ini tidak ada faedahnya”. Sebab jika kita masih mempertahkan hal demikian, otak kita akan selalu terteror dengan pikiran yang negative tersebut. Akan tetapi juga sebaliknya, jika kita selalu terbuka dan berpikir positif maka segala hal bisa dilakukan dan segala hal bisa tercapai.

Kedua, jadilah orang yang suka mengamati kejadian-kejadian atau permasalahan-permasalahan sederhana dilingkungan sekitar atau bahasa ilmiahnya adalah melakukan mini riset. Amati setiap kejadian dan temukan solusi yang bisa mengubahnya menjadi perihal yang lebih baik.

Ketiga, jadikan diri kita sebagai orang yang progresif bukan regresif. Artinya disini kita dituntut untuk out of the box atau berpikir di luar kebiasaan kita. Bukan berarti inilah cara yang biasa kita lakukan sehingga cara ini yang harus kita lakukan. Namun, bagaimana kita bisa mengerjakan agar lebih baik dengan cara yang bisa kita lakukan. Inilah yang dimaksud progresif, berpikir kedepan bukan regresif, berpikir kebelakang.

Dengan ketiga cara inilah sekiranya kemampuan berpikir kreatif bisa terwujud secara ideal. Ini pun saya kira juga tegantung pada seberapa besar keyakinan dan pikiran positif kita. semakin besar keyakinan dan pikiran positif kita maka akan semakin besar pula kekuatan berpikir kreatif kita. begitu juga sebaliknya, semakin kecil keyakinan dan pikiran positif kita terhadap kemampuan berpikir kreatif kita maka sekecil itulah kekuatan berpikir kreatif kita.[]

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Tags:

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…