LOADING

Type to search

Bereksplorasi dengan Permainan Sederhana yang Mengedukasi

Share

Bermain merupakan istilah yang digunakan secara bebas, arti penting yang tepat adalah kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya. Bermain dilakukan secara sukarela dan tidak ada unsur paksaan di dalamnya. Bermain itu menghasilkan kesenangan dalam melakukan segala sesuatunya.

Seperti siang ini, kami kedatangan tamu dari rombongan SD Danasri Purwokerto. Mereka tidak lain adalah ingin belajar disini, bermain, dan melihat secara langsung kegiatan apa saja yang ada di Rumah Kraetif Wadas Kelir. Mereka datang dengan wajah-wajah yang sumringah dan bersemangat. Dan kami, para relawan yang sudah bersinergi mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut mereka, yaa karena memang sebelumnya mereka sudah memberi kabar bahwa mereka akan berkunjung ke Rumah Kreatif Wadas Kelir ini.

Dengan penuh penantian, langsung kami sambut kedatangan mereka dengan ciri khas kami. Kami persilahkan mereka masuk kedalam sebuah ruangan alakadarnya, bangunan semi permanen yang sekaligus menjadi Pusat Belajar Masyarakat disini. Runtutan acara pun dibacakan oleh sang pembawa acara. Dari menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, menyanyikan mars Wadas Kelir, sambutan – sambutan, dan lain- lain.

Sampailah pada acara yang ditunggu-tunggu, yaitu game atau permainan. Mereka kami arahkan untuk di bagi menjadi 4 kelompok. Dan kami dari para relawan pun demikian, kami dibagi untuk menjadi beberapa bagian, ada yang bertugas untuk mendampingi per kelompok, dan yang lain bertugas menjadi pengarah dan penanggung jawab pos. Mereka begitu penasaran dengan game apa yang akan mereka lakukan. Dan untuk menambah kemeriahan, kami memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk membuat yel-yel dan nantinya untuk di nyanyikan pada saat menuju pos game.

Ada dua pos yang kami sediakan. Pos 1 kita namakan pos kreatif, disini anak-anak diuji kekuatan kreatifnya untuk mencapai titik yang ditentukan. Mereka dilatih juga kekompakan dalam permainan kelompok ini. Pos 2, kita namakan pos produktif, kenapa dinamakan pos produktif? Karena disini, mereka kami arahkan unttuk menemukan kata yang ada disekitar dan kemudian mereka susun dan menghasilkan karya kreatif berupa puisi. Begitu semangat terlihat sekali dari kekompakan dan nyaringnya yel-yel dan jargon yang mereka nyanyikan.

Begitu menyenangkan dan sangat mengedukasi permainannya. Sampai-sampai tak terasa waktu habis untuk sesi permainan. Dengan berat hati mereka kami arahkan untuk masuk lagi kedalam ruangan, menikmati hidangan sederhana untuk mengganti energi yang telah mereka keluarkan untuk bermain game tadi. Untuk menambah semangat mereka kami memberi beberapa pertanyaan seputar Rumah Kreatif Wadas Kelir dan yang bisa menjawab akan mendapatkan sedikit hadiah yang telah disediakan. Mereka antusias sekali. Sampai waktu pun  tak terasa berakhir. Di tutup dengan pembagian hadiah dan berfoto bersama dengan relawan dan founder Rumah Kreatif Wadas Kelir.

Dari permainan tadi, banyak sekali manfaat yang mengedukasi. Bermain aktif dan hiburan memberi kesenangan bagi anak dan memenuhi kebutuhan mereka untuk bermain. Mereka belajar bekerjasama dan berfikir aktif serta bereksplorasi.[]

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Previous Article

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

    Processing files…