LOADING

Type to search

Share

BANYUMAS-Kotayasa semakin berliterasi. Adalah Tri Novriyana, Rasti Sulastri, dan Tomi, tiga warga yang berani mendirikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sumbang beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 31 Mei 2017. TBM Sumbang beralamatkan di RT 06 RW 02 Desa Kotayasa Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. TBM Sumbang sendiri berada di bawah binaan Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang tidak lain adalah mereka bertiga yang mengelola.

Saat ditemui di rumahnya beberapa waktu yang lalu bersama Khusnul Khotimah daru Rumah Baca Kartini Karanglewas, Rasti Sulastri selaku pengelola dan ketua TBM Sumbang mengungkapkan alasannya mendirikan TBM. “Anak-anak seusai pulang sekolah dari pada bersantai atau bermain gadjet dan dari pada ibu-ibu tidak ada kegiatan kala siang hari, mengapa mereka tidak diperdayakan,” ungkapnya gelisah. Lebih lanjut Rasti mempunyai keinginan yang menggebu-gebu untuk memanfaatkan lingkungan sekitar.

Selain akses membaca gratis untuk masyarakat, TBM Sumbang memberikan manfaat kesehatan untuk warga, yaitu diadakannya kegiatan senam setiap hari Minggu. Pelan-pelan TBM Sumbang memberikan berbagai pelatihan kepada masyarakat, salah satunya yaitu pengumpulan sampah plastik untuk dijadikan barang yang bernilai jual dan pelatihan pemusaran jenazah.

Selain itu, TBM Sumbang mengadakan kegiatan pengajian untuk ibu-ibu. “Kami juga mengadakan kegiatan pengajian untuk ibu-ibu sekitar yaitu setiap hari Minggu sehabis dzuhur. Selagi ibu-ibu ngaji, anak-anak juga dapat membaca buku,” Kata Rastri.

Setiap Minggu jumlah pengunjung TBM Sumbang mencapai 30 orang. “Kedepan kami ingin memberikan pelatihan menjahit, dan kami ingin memanfaatkan lahan yang ada saat ini untuk dijadikan sebuah pondok pesantren,” pungkasnya lugas.

(Fajar Pujianto/ Pegiat Literasi Kabupaten Banyumas)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…