LOADING

Type to search

Opini

Kau Terpesona Karenanya

Cesilia Prawening 2 tahun ago
Share

“Aku mau dibacain buku ini!”, tiba-tiba terdengar suara kecil melintas di telinga saya, dan langsung tersodor buku bergambar binatang dari sebelah samping kanan saya.

Bilqis lah yang menjadi pelaku penyodoran buku disiang hari ini, datang secara tiba-tiba dan tanpa sepengetahuan saya di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Wadas Kelir. Gadis kecil yang kini duduk di bangku PAUD, kini sudah mulai terpesona akan buku-buku bacaan anak yang terpampang di grobak baca.

“boleh, mari kita duduk dibangku”, Bilqis langsung mengambil posisi duduk nyaman. Karena meja belajar terlalu tinggi untuk seusianya, ia mengambil posisi setengah berdiri di atas kursi dengan kedua tangan menyangga tubuhnya di atas meja. “Judul bukunya, Berbelanja bersama Ayah. Mba Bilqis sudah pernah dibacakan ya di sekolahan pasti” tanya saya kepada gadis kecil ini, tentu saja semua buku bacaan anak bergambar disini sudah pernah dibacakan semuanya. “sudah pernah sama bunda, sama mama, sama kak siapa ya lupa”, cetusnya. Lembar demi lembar kita buka bersama halaman buku ajaib ini. Ya, saya katakan ajaib karena buku ini mampu membuat Bilqis kecil terpesona saat melihat banyak gambar dan mendengarkan bacaannya. Hingga tanpa sadar Bilqis semakin mendekatkan wajahnya ke arah buku. Buku dengan gambar yang memukau dirinya, sembari dibacakan buku kami juga bermain tebak-tebakan gambar yang ada dibuku ini. Kebetulan sekali buku yang kini sedang kami baca dipenuhi dengan gambar-gambar binatang yang beraneka ragam serta gambar lainnya yang memukau. Karenanya, kami jadi berdiskusi dan tanya jawab terkait dengan buku.

Ternyata, untuk memperkenalkan bacaan kepada anak dapat dilakukan dengan memperkenalkan buku dengan berbagai gambar yang menarik dihadapannya, dengan begitu lama kelamaan anak akan menjadikan buku sebagai benda favoritnya dan akan menjadi cinta akan bacaan kelak. Selain menumbuhkan budaya baca kepada anak dengan begitu ada manfaat lain yang mampu anak dapatkan dengan mengenalkan buku dengan berbagai gambar-gambar yang menarik.

Pertama, menstimulasi imajinasi anak. Dengan berbagai suguhan gambar yang menarik, ini akan menstimulasi imajinasi bebas yang anak inginkan.

Kedua, membantu perkembangan emosi anak. Dengan anak melihat ilustrasi dan mendengar kisah cerita suatu buku bacaan, anak akan mengekspresikan perasaannya. Disini orang yang membacakan buku kepadanya jug perlu memancing dan mengaajak anak agar mau mengungkapkan  perasaannya.

Ketiga, menambah wawasan pengetahuan. Melalui gambar-gambar yang baru ia lihat dibuku dan belum pernah ia saksikan, anak menjadi tahu berbagai macam jenis benda ataupun makhluk hidup yang ada disekitarnya.

Keempat, meningkatkan kemampuan bahasa anak. Dengan melihat gambar yang ada, anak diperkenalkan dengan nama-nama dari gambar tersebut, ini sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak sekaligus menambah perbendaharaan katanya.[]

Leave a Comment