LOADING

Type to search

Kisah Anak Cahaya

Redaksi 1 bulan ago
Share

Penulis : Arsanda
Penerbit : Bhuana Sastra, 2017
ISBN : 978-602-394-676-1
Soft Cover, 292 Halaman

Buku ini berkisah tentang perjuangan sekelompok anak mempertahankan sebidang tanah yang hendak dijual pemiliknya, Pak Boim. Tanah seluas 114×72 m2 yang terletak di tengah-tengah gang sempit di sebuah kampung pinggiran Jakarta itu, memiliki makna berarti bagi banyak orang. Selain digunakan sebagai tempat anak-anak bermain sepak bola, juga sebagai tempat berkumpul warga kampung.

Anak-anak ini berusaha mempertahankan mati-matian tanah itu, dengan cara mengumpulkan sejumlah uang untuk membelinya dari Pak Boim. Upaya mereka yang tadinya disepelekan oleh warga kampung, berkat kegigihan dan perjuangan yang tak kenal lelah, lama kelamaan menarik perhatian media dan dukungan sejumlah masyarakat. Akhirnya pengurus RT pun menemui Pak Boim dan menyampaikan minat warga untuk membeli sebidang tanah yang sangat menarik perhatian para investor.

Maka warga pun harus berupaya mati-matian mengumpulkan uang senilai Rp 2M untuk membeli tanah itu dan bersaing dengan Pak Budi yang berniat menjadikannya pusat perbelanjaan. Namun di tengah upaya persaingan itu, tiba-tiba muncul Pak Rais pengusaha real estate yang mau membayar sejumlah Rp2,5M dan berniat menjadikannya sebagai cluster perumahan, dengan risiko harus menggusur beberapa rumah di sekitarnya.

Apa yang terjadi selanjutnya, siapakah yang berhasil membeli tanah ini dari Pak Boim?

Penulis dengan piawai meracik kisah perebutan tanah ini dengan beberapa konflik menarik, seperti ketika anak-anak yang mengamen dan berjualan koran untuk membeli tanah, dipaksa menyerahkan uangnya oleh anak jalanan lain; ada juga seorang anak polisi yang berusaha mencopet dompet dengan niat menyumbangkan hasil kejahatannya untuk iuran membeli tanah.

Banyak pesan moral yang dapat diambil dari buku ini tanpa terasa menggurui, seperti perlunya bersatu dan kerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah dengan tak putus asa. Dan yang paling menarik dari buku ini adalah adanya fitur interaktif, dimana pembaca dapat mendengar musik dan lagu yang dinyanyikan para tokoh dalam cerita, ditambah bonus permainan, melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.AnomanStudio.AnakCahaya

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Previous Article
Next Article

Leave a Comment

Next Up

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…