LOADING

Type to search

Pramuka Bisa

Redaksi 5 bulan ago
Share

Judul : Pramuka Bisa
Penulis : Bambang Aprianto
Penerbit : – ( cetakan untuk kalangan sendiri )
Softvover, 120 halaman
ISBN : –

Buku ini di karang di cetak dan di edarkan sendiri. Pengarang saya Ahmad Fauzi dan Bambang Aprianto.
Berhubung kak Bambang tersebut adalah guru pramuka saya kemudian kami bersepakat atas nama beliau saja karena beliau yang lebih banyak inspirasi dan modalnya, namun suatu saat saya akan mencetak sendiri kalau sudah paham alur dan cara yang detail cara membuat buku dan kepengurusannya.

Di sinilah saya memulai meresensi buku karya pribadi. Berawal dari banyaknya kegiatan dan pengampu pembina kurang personil maka kami mulailah membuat buku dari pengalaman pribadi dan meresensi buku-buku dari pustaka lain yang menyangkut tentang kepramukaan.

Kami fahami kami teliti kelebihan dan kekurangan serta yang pas di pakai di Indonesia dan zaman sekarang.
Kami melihat apa saja di dalam kota kami yang belum ada dan belum pernah kami lakukan dan juga belum pernah orang lain mempraktekannya.

Dalam buku pertama terbitan tahun 2008 kami mengeluarkan buku dalam 2 (dua) jilid, yaitu jilid 1 dan jilid 2.
Berhubung karena dulu masih awam dalam pencetakan kami bagi sesuai tingkatan sesuai buku syarat kecakapan umum ( SKU ).

Dan ternyata sesuai kebutuhan dengan berubahnya keadaan juga kurikulum pendidikan maka kami buat buku itu menjadi 1 dan dinamakan jilid 3 karena ada tambahan pembahasan.
Dua tahu berlalu keluar jilid 4, semakin tahun semakin berubah dan di keluarkan jilid 5.

Dengan adanya jilid 5 ternyata seluruh isi kurikulum dan aturan dalam kepramukaan berubah, yang tadinya kami menvetak untuk kalangan SMP sekarang mencetak lagi untuk kalangan SD SMP SMA/sederajat Dan Perguruan Tinggi.
Nah disinilah kami bahas ulasan tentang semua pengalaman serta meyode oraktis dalam Kepramukaan.

Dalam cetakan yang akhir ini kami jadikan dalam satu buku agar tidak berantakan.
Revisi buku ini yaitu mengenal bagai mana cara memahami penjiwaan patriotisme, nasionalisme dan kepemimpinan.

Kemudian mengulas sejarah dan tata cara menggunakan bendera, sejarah lagu, sejarah berdirinya negara Indonesia dan sejarah kepa duan yang sekarang menjadi Kepramukaan.

Yang lebih asiknya dan mendidik kediaiplinan dalam buku ini mengajarkan teori tentang baris berbaris sebagai dasar mencerdaskan otak dari yang di didik.
Buku ini juga mengenalkan tentang asal usul morse dan kami menciptakan metode menghafal morse dalam 5 menit.
Menghafal semapur dengan cepat dan lainnya.

Begitu juga ada yang menarik di bagian sandi-sandi atau kode rahasia yang hanya bisa di baca oleh yang tau sandinya, baik dengan suara, bendera ataupun cahaya, dan sandi ini juga bisa di gunakan saat butuh pertolongan darurat yang membahayakan nyawa orang lain.
Selain itu mengajarkan cara survival, membaca alam, pe aksiran tinggi, kuat arus seperti yang di pakai dalam Tim SAR, menggambar dengan sket panorama, membaca jarak menentukan arah dengan kompas, ketrampilan tali temali entah itu membuat gapura jembatan rak piring meja makan menara dan lainnya.

Buku ini juga memuat dasar tentang pertolongan pertama yang dulu di kenal dengan p3k yang isinya tentang pembidaian patah tulang, pendarahan, pinsan, asma, tenggelam dan penanganan agar tidak menambah cidera si korban ataupun antisipasi menjadi korban sendiri.

Buku ini juga sangat cocok sekali untuk bekal cita-cita yang kelak nanti akan di raih.

Entah itu sebahai dokter, pimpinan perusahaan bahkan pelayanan pendaratan kapal terbang.
Pada intinya buku ini di cetak untik menentukan masa depan anak itu sendiri sebagai pembentukan karakter menentukan hidup.

Alhamdulillah sudah lebih dari 10 ribu cetakan telah beredar untuk kalangan sendiri dan sekarang masih di buat 3 ribu cetakan untuk tahun ajaran baru ini.
Terima kasih atas waktu dan kesempatan waktunya untuk membaca tulisan ini yang mungkin tidak layak tapi semoga saja pantas untuk mengikiti kuisnya serta merubah cara pandang kita yang sederhana menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Salam Literasi
#Tbm Samudra Bahari

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Facebook Comments

Artikel yang mungkin Anda sukai

Spread the love
Previous Article

Leave a Comment

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…