Kota Serang Mandiri Literasi

Serang – Taman Bacaan Masyarakat Sanggar Kegiatan Belajar (TBM SKB) Kota Serang menggagas diskusi publik “Kota Serang Mandiri Literasi” di aula SKB Kota Serang, Rabu 30/10/19. Acara diskusi tersebut menghadirkan para pakar di bidang literasi sebagai narasumber; Firman Venayaksa, Ketua Forum TBM nasional, Atif Natadisastra, founder Masyarakat Belajar Foundation, dan Arip Senjaya, akademisi Universitas Ageng Tirtayasa. Turut hadir juga Walikota Serang, Safrudin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang, Wasis Dewanto dan Rizki Kurniawan, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Serang.

Dalam diskusi tersebut Walikota Serang benar-benar ingin menjadikan Kota Serang sebagai kota literasi, layaknya kota-kota yang sudah terlebih dahulu mendeklarasikan sebagai kota literasi seperti Surabaya, Sumedang dan kota-kota lain. Untuk mewujudkan mimpi itu Walikota Serang meminta banyak masukan dari para pegiat literasi di Kota Serang, untuk kemudian dijadikan program dan kebijakan. “Saya yakin dengan banyaknya masukan-masukan dari para pegiat literasi dan akademisi maka program-program yang dihasilkan akan sejalan dengan kebijakan yang dibuat,” ungkapnya.

Semenatara itu Firman Venayaksa mengatakan untuk menjadikan Kota Serang sebagai kota literasi dan bersaing di abad 21 setidaknya, para pegiat literasi dan Pemerintah Kota Serang harus memiliki empat “K”; kolaboratif, kreatif, komunikatif, dan kritis. “Selanjutnya mengadirkan banyak ruang publik yang dapat diakses masyarakat. Ruang publik itulah yang menjadi wadah untuk berinteraksi masyarakat, maka kemudian munculkanlah buku disitu, diskusi dan kegiatann lainnya. Sehingga menjadi kases informasi bagi masyarakat, karena literasi juga adalah praktik sosial sehari-hari.”

Hal serupa diungkapkan Atif Natadisastra, perlu adanya sinergitas antar sesama pegiat, birokrat, dunia usaha, pengambil kebijakan (DPRD) dan keterlibatan semua masyarakat Kota Serang, “untuk mewujudkan Serang sebagai kota literasi maka ini mesti menjadi kerja bersama,” uangkapnya.

Rizki Kurniawan, anggota DPRD komisi II Kota Serang mendukung penuh gagasan  tersebut. Menurutnya Komisi II akan menjadi bagian untuk mensukseskan wacana ini menajdinyata. “Bila perlu diskusi ini kita pertajam kembali agar tujuan-tujuan kita kedepan lebih terarah dan sukses,” ungkapnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Tinggalkan Balasan

Hey there!

Sign in

Forgot password?

Don't have an account? Register

Close
of

Processing files…