LOADING

Type to search

Berita

Generasi Baru Pengurus Wilayah Forum TBM Jawa Timur

Redaksi 9 bulan ago
Share

Laporan oleh: Vudu Abdul Rahman

Aku begini adanya. Jika ditanya soal siap atau tidak ketika terpilih sebagai ketua, aku butuh yang lain dengan komitmen tinggi, siap mengurus bersama-sama, dan menguatkan jejaring yang telah dibangun pengurus lama. Jawa Timur ini sangat luas, tidak mungkin diurus sendirian. –Imam Mukhlas (Ketua PW FTBM Jawa Timur 2019 – 2024).

Pada dasarnya, lima calon Ketua PW FTBM Jawa Timur memiliki satu suara untuk meneruskan estafet gerakan literasi masyarakat dari kepengurusan lama. Mereka memaparkan kesiapan sebagai ketua baru jika gerakan literasi masyarakat dapat diurus secara kompak. Pemilihan ketua baru tersebut diselenggarakan dalam Musyawarah Wilayah III PW FTBM Jawa Timur di Hotel Dewarna, 18 -19 Desember 2019. Penyelenggaraan pemilihan ketua baru tersebut begitu istimewa karena panitia bekerja sama dengan Pemprov Jawa Timur, Pemda Bojonegoro, Bakorwil Bojonegoro, GLS Bojonegoro, seluruh TBM Jatim, dan Gramedia.

Dwi Astutik yang bertindak sebagai ketua demisioner dalam Musyawarah Wilayah III PW FTBM Jawa Timur berharap kepada anak-anak muda untuk mengisi kepengurusan baru. Ia telah mengawali kepengurusan selama tiga periode dengan jalan berliku sejak 2005. Ia menyerahkan estafet gerakan literasi masyarakat kepada anak-anak muda sebagai jalan terbaik dalam peningkatan IPM Jawa Timur. Gerakan semacam ini, selain perlu tenaga, juga butuh udara segar agar sepanjang perjalanan memiliki napas panjang.

Anak-anak muda adalah harapan baru untuk memastikan masa depan Forum TBM Jawa Timur lebih tinggi dan kokoh semacam pohon sempur.

Ikhwan Kapit, Imam Mukhlas, dan Mustakim merupakan tiga sosok dari generasi muda yang mencalonkan sebagai Ketua PW FTBM Jawa Timur periode 2019 – 2024. Sedangkan, Abdurrahman dan Iffa Soraya merupakan calon dari kepengurusan lama. Imam Mukhlas terpilih sebagai Ketua PW FTBM Jawa Timur kepengurusan 2019 – 2024. Ia mengungguli calon lain dengan jumlah 7 suara, disusul Ikhwan Kapit yang mendapatkan 4 suara, Mustakim memperoleh 3 suara, Abdurrahman mendapatkan 2 suara, serta Iffa Soraya sejumlah 1 suara, dari jumlah keseluruhan 17 suara.

Pemilihan ketua baru tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan tim formatur: Imam Mukhlas (Ketua terpilih), Dwi Astutik (Ketua Demisioner), Jauhari (Bakorwil I – Madiun), Ikhwan Kapit (Bakorwil II – Kediri), Abdurrahman (Bakorwil III – Malang), Mustakim (Bakorwil IV – Pamekasan), dan Iffa Soraya (Bakorwil V – Jember). Memilih putera terbaik untuk mengurus PW FTBM  Jawa Timur merupakan modal awal kepengurusan 2019 -2024.  

Tags:

Leave a Comment