,

Arti Kebaikan


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
dibaca normal: 2 menit

Salam Literasi

Ketahuilah tentang semesta walau misteri yang ada di dalamnya tetap tak mampu dihitung jumlahnya. Alam semesta tercipta dengan berjuta juta hal  yang menakjubkan sampai terkagum-kagum atas keberadaanya.

Bila merenungi, pasti tersadar akan melimpahnya keagungan Zat yang telah menciptakan semesta ini. Takjublah pada dahsyatnya dan takjublah pada kekuatan Zat yang telah menciptakannya.

Tak berbatas jika berpetualang melintasi lembah dan ngarai, melewati padang dan gurun tuk  nikmati jutaan hal hebat bak lukisan. Bila ditelisik sungguh itu diperuntukan bagi Khalifah agar bisa menemukan pencerahan tentang tujuan hidup dan makna hidup serta menemukan petunjuk hidup. Bagi orang-orang yang mau berfikir.

Sungguh alam telah memberikan berjuta kebaikan pada manusia, seperti hewan dan tumbuhan, seperti laut dan daratan, seperti langit dan bintang-bintang, namun manusia tidak mau mengerti tentang arti kebaikan.  Jika saja manusia  mampu memaknai arti kebaikan niscaya akan menemukan jati diri yang sesungguhnya.

Pada zaman modern ini, tidak ada manusia yang bisa hidup layak tanpa saling berbuat baik ataupun bekerjasama dengan orang lain. Kalaupun masih ada yang belum menikmati kehidupan yang layak berarti kebaikannya selalu dipertimbangkan dan dihitung-hitungkan. Sungguh kita tidak akan mampu memenuhi semua yang kita butuhkan dalam hidup ini. Oleh karena itu kita senantiasa berbuat baik atau melakukan kebaikan terhadap sesama.

Setiap kebaikan yang dilakukan seseorang pastilah kebaikan itu akan  kembali kepadanya. Jika seseorang suka menolong pasti akan ditolong, jika seseorang suka memaafkan pasti akan dimaafkan. Jika seseorang suka memudahkan urusan orang lain maka pada suatu waktu dia mendapat kesulitan pasti akan ada saja yang menolongnya,begitupun sebaliknya.

Perbuatan baik akan dihitung sebagai hal yang merugikan bila diperuntukan hanya pada diri sendiri. Seseorang yang melakukan kebaikan haruslah semata mata karena rasa kepedulian yang tinggi.  Jika seseorang  berharap balasan dari manusia ujung-ujungnya adalah kekecewaan karena kemampuan manusia untuk membalas kebaikan sangatlah terbatas.

Mengutip sebuah Ayat dalam Al Quran yang artinya ” Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik pada dirimu sendiri, dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri” (Al Israa : 17.7)

Berbuat baik senantiasa dapat kita lakukan di mana saja, kapan saja dan kepada siapa saja. Berbuat baik sangat luas cakupannya bahkan dalam hal sekecil atau sesederhana apapun kita bisa berbuat baik kepada sesama. Sangat banyak media untuk berbuat baik kita bisa menemukannya di jalan, di sekolah, di kantor, di rumah, dan lainnya.

Berbuat baik memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. Orang yang senantiasa berbuat baik pastinya mendapat banyak pahala dan juga rezeki juga semakin mengalir. Berbuat baik itu sederhana tinggal kita mau atau tidak. Banyak hal yang bisa kita lakukan, sekecil apapun perbuatan kita orang lain pasti sangat menghargainya bahkan mungkin bantuan kecil yang kita berikan untuk orang lain namun sangat berarti bagi nya. Jadi jangan ragu untuk berbuat baik sesederhana pun itu.

Terkadang pastinya kita merasa apa yang dapat kita lakukan, apakah yang dapat kita berikan untuk membantu orang lain agar hidup kita lebih bermanfaat. Nah berbuat baik itu sangat mudah dapat di lakukan meskipun hanya sederhana dan itu membuat kita merasa bahwa kita ini berharga. Orang lain saja menghargai kita masa sih kita sendiri tidak mau menghargai diri sendiri.

Berbuat baik juga membuat kita merasa masih banyak orang yang membutuhkan kita dan masih banyak hal yang bisa kita lakukan. Hal tersebut tentunya dapat menambah rasa percaya diri kita jadi jangan menyerah dan jangan ragu untuk berbuat baik pada siapa saja.

Berbuat baik pada sesama manusia jangan pernah memandang karena namanya, tapi pandanglah mereka bahwa itu adalah manusia sama seperti diri kita sendiri. Jadi orang baik sangatlah mudah.
Penulis : Beny Barra ( Founder Club Baca Tapak Seribu)

Pic : Aksi Club Baca Tapak Seribu.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan