, ,

Di Balik Layar Penentuan Panglima Tali Integritas


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
dibaca normal: 3 menit

Pelaksana Utama Program Tali Integritas dan Panglima Integritas

Jakarta, 25 November 2017, setelah melalui diskusi dan mempertimbangkan berbagai aspek, Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Pusat Edukasi Anti-Korupsi memilih 40 lembaga sebagai pelaksana utama Program Taman Literasi Integritas (Tali Integritas) dan menjadi Panglima Integritas.

Program Tali Integritas diumumkan ke masyarakat melalui laman Forum TBM (www.forumtbm.or. id) dan laman KPK (www.aclc.kpk.go.id) serta whatsapp grup TBM tanggal 25 Oktober 2017. Acara peluncuran Program Tali Integritas dilakukan di panggung utama Festival Literasi Sekolah tanggal 28 Oktober 2017, bertepatan dengan salah satu momen besar bangsa Indonesia, Hari Sumpah Pemuda. Sejak 25 Oktober 2017 hingga tenggat waktu pengiriman esai kreatif, 11 November 2017, panitia menerima esai dari 82 peserta dan esai dari 6 peserta diterima melewati tenggat waktu yang telah ditentukan. Ungkapan terima kasih dan apresiasi tertinggi dari kami untuk para peserta dan seluruh pihak yang terlibat dan membantu pelaksanaan program ini.

Yang juga sangat membahagiakan bagi kami adalah peserta Program Tali Integritas cukup beragam. Ada TBM/rumah baca, perpustakaan dusun/desa, perpustakaan sekolah (bahkan ada perpustakaan TK), perpustakaan mesjid, lapak baca di pesisir/pantai, perpustakaan keliling, dan perorangan (relawan, pendongeng, mahasiswa). Rentang waktu kegiatan mereka juga beragam. Ada yang sudah cukup lama, puluhan tahun berkarya dan ada yang berbilang bulan. Hal ini semakin meneguhkan bahwa gerakan literasi di Indonesia tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Melahirkan optimisme, kita bisa menjadi bangsa dengan tingkat literasi yang semakin baik.

Empat puluh lembaga yang terpilih menjadi pelaksana utama Program Tali Integritas dan menjadi Panglima Integritas diharapkan bisa menjadi cikal bakal dan champion team serta pendidik untuk mengedukasi masyarakat dan menumbuhkembangkan kesadaran akan nilai-nilai integritas (nilai-nilai anti-korupsi) dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Rangkaian kegiatan pembekalan untuk pelaksana utama Program dan Panglima Integritas akan dilakukan tanggal 5-13 Desember 2017. Tahap pertama adalah mengikuti pembelajaran online di aclc.kpk.go.id pada tanggal 5-7 Desember 2017. Tahap berikutnya adalah mengikuti rangkaian kegiatan Hari Antikorupsi Dunia (Harkodia) yang akan diselenggarakan di Jakarta tanggal 11-12 Desember 2017.

Acara pembukaan Harkodia rencananya akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, pimpinan KPK, dan stakeholder antikorupsi dari berbagai elemen bangsa. Rangkaian kegiatan Harkodia untuk 40 lembaga dan Panglima Integritas juga dikemas dalam format Temu Pendidik Anti-Korupsi Berbasis Literasi. Berbagi inspirasi kreativitas dari pengelola lembaga dan Panglima Integritas, studium generale (berbagi inspirasi) praktik pendidikan anti-korupsi berbasis literasi dari berbagai narasumber, serta penguatan literasi dan pengembangan taman baca yang akan disampaikan oleh Forum TBM.

Karena itu, para pelaksana utama program Tali Integritas dan Panglima Integritas diminta untuk menyiapkan materi presentasi dan poster mengenai ide dan program kreatif untuk mengimplementasikan bahan pustaka Tali Integritas ke masyarakat. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan program juga akan dilakukan agar tujuan mulia dari program dan gerakan ini dapat tercapai.

Selamat untuk TBM dan lembaga yang terpilih sebagai pelaksana utama program Tali Integritas dan Panglima Integritas (daftar terlampir). TBM atau lembaga yang belum terpilih sebagai pelaksana utama program akan mendapatkan paket pustaka Tali Integritas. Mari, bersama-sama kita wujudkan Indonesia yang lebih baik, tanpa korupsi. Salam literasi.

Daftar TBM/Lembaga Terpilih Sebagai Pelaksana Utama Program Tali Integritas dan Panglima Integritas
1. TBM Bo’ Kampong, Enrekang, Sulawesi Selatan
2. TBM Komunitas Rumah Juara, Batang, Jawa Tengah
3. TBM Rubadubi, Bogor, Jawa Barat
4. Perpustakaan Umum Dusun Jlegongan, Sleman, Yogyakarta
5. Rumah Baca Asma Nadia Man Jadda Wa Jada, Gresik, Jawa Timur
6. Perpustakaan Cinta Baca, Bogor, Jawa Barat
7. TBM Ar-Rasyid, Aceh
8. TBM Ar-Rosyid, Purwokerto Timur, Banyumas, Jawa Tengah
9. Fun Garden of Literacy, Jakarta
10. Griya Baca Abukus, Jombang, Jawa Timur
11. Komunitas Matahari Pagi, Sukabumi, Jawa Barat
12. TBM An-Nafi, Banyumas, Jawa Tengah
13. Pengembangan Sumber Belajar dan Jaringan Literasi (PSBJL), Bogor, Jawa Barat
14. Rumah Baca Sahabatku, Jombang, Jawa Timur
15. Pustaka Kabanti, Kendari, Sulawesi Tenggara
16. Yayasan Budaya Mandiri, Jakarta
17. Micro Library Taman Bima Bandung, Jawa Barat
18. Saung Ilmu Kasgi, Depok, Jawa Barat
19. TBM Bintang Brilliant, Lamongan, Jawa Timur
20. Rumpaka Percisa, Tasikmalaya, Jawa Barat
21. Rumah Baca Evergreen, Jambi
22. TBM Wadas Kelir, Purwokerto, Jawa Tengah
23. TBM Bina Kreasi Muda, Sumedang, Jawa Barat
24. Taman Baca Klug, Purwakarta, Jawa Barat
25. Rumah Baca Umi, Bekasi
26. Club Baca Tapak Seribu, Dompu, NTB
27. Ruang Baca Komunitas Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat
28. Pelita An-Nazma, Tangerang
29. PKBM Al-Hidayah, Tasikmalaya, Jawa Barat
30. Panggon Moco, Gresik, Jawa Timur
31. Benny Institute, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan
32. Taman Baca Muda Berkarya, Bengkulu
33. Perpustakaan TK Masyitoh 25 Sokaraja BMS, Sokaraja, Jawa Tengah
34. Sekolah Menulis Papua, Papua
35. Sahabat Kita, Pinrang, Sulawesi Selatan
36. TBM Sanggar Alam Kita, Bekasi, Jawa Barat
37. TBM Saung Huma, Pandeglang, Banten
38. TBM Mata Aksara, Yogyakarta
39. Taman Baca RMA (Remaja Masjid Al-Ikhlas), Depok, Jawa Barat
40. Perpustakaan Desa Ngudi Kawruh Desa Ngling.

Demikian.[]

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 33.333333%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 66.666667%

Tinggalkan Balasan