,

E-Learning KPK, Sarana Belajar Bagi Pembelajar Sepanjang Hayat


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
dibaca normal: 1 menit

Siapa bilang belajar hanya bisa di bangku sekolah. Di manapun dan kapanpun bisa terus belajar, menambah ilmu, pengetahuan, dan pengalaman. Menurut GBHN 1978 dinyatakan bahwa “pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karena itu pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan Pemerintah”. Hal ini menunjukkan bahwa proses pendidikan dapat terus berlangsung meskipun sudah tidak duduk di bangku sekolah.

Dalam hal ini KPK sebagai lembaga pemerintah memberikan kesempatan bagi 40 Taman Bacaan Masyarakat/lembaga terpilih untuk dapat belajar tentang integritas melalui e-learning ( http://aclc.kpk.go.id ). Materi pembelajaran disajikan dalam bentuk video, handout, kuis, dan feedback. Materi ini sebagai bahan untuk persiapan mengikuti peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Jakarta (10-13 Desember 2017) nanti.

Peserta diberikan akses e-learning selama 3 hari (5-7 Desember 2017), sehingga peserta dapat mengatur waktu sendiri untuk mengikuti pembelajaran. Jika terjadi kesulitan ada Kak Triwanto dan Kak Mutia yang merupakan Tim Ahli E-Learning yang siap membantu.

Pada setiap video pembelajaran diawali dengan ajakan penyemangat “Semangat Pagi!!!” dan terdengar jawaban “Pagi! Pagi! Pagi!” alhasil meskipun mengikuti pembelajaran jam 12 malam dapat membangkitkan semangat seperti pagi hari. Setelah video disajikan, materi tertulis dalam bentuk pdf dapat didownload, sehingga dapat menjadi koleksi elektronik yang dapat disimpan di TBM. Kuis juga disajikan untuk mengukur kemampuan peserta mengingat materi dan menjawab pertanyaan. Pada tahap ahir, peserta memberikan feedback sebagai tanggapan terhadap e-learning ini.

Bagi pengelola TBM An-Nafi’ Banyumas mengikuti e-learning ini merupakan pengalaman pertama yang sangat mengesankan dan kesempatan langka yang perlu disyukuri. Sehingga dapat menambah ilmu baru, serta semakin bersemangat menanamkan nilai integritas pada diri sendiri khususnya dan untuk pengguna TBM An-Nafi’ pada umumnya.

Baru ikut e-larning nya saja sudah terasa semangat integritas nya, apalagi jika sudah bertemu para Panglima Integritas dari seluruh Indonesia. Jadi tidak sabar nih menunggu hari H.

Salam Panglima…

Salam Integritas..

Salam Literasi…

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan