Oleh. Akhmad Suprianto

Mendekati Bulan September geliat Literasi Di Kabupaten Way Kanan kian Berkembang. Dalam Waktu Dekat Festival Literasi Way Kanan Tahun 2022 akan digelar. Kegiatan ini juga Bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan, Bulan Gemar Membaca, Serta Peringatan Hari Aksara Internasional.

Acara Festival Literasi Way Kanan Direncanakan dilaksanakan pada 14 September 2022, berlokasi di gedung Dinas Perpustakaan Kabupaten Way Kanan yang belum lama Ini Diresmikan. Acara ini akan melibatkan masyarakat umum, pegiat literasi, pengelola TBM, bunda literasi, komunitas baca dan stakeholder setempat.

Ketua Forum TBM Way Kanan, Eko Prasetyo mengatakan bahwa “Panggung Festival Literasi Way Kanan adalah salah satu program kegiatan Forum TBM yang semestinya dilaksanakan pada tahun 2021, namun karena terkendala kesiapan maka baru bisa dilaksanakan pada bulan September tahun 2022. Kegiatan Festival Literasi ini bertujuan sebagai ruang apresiasi bagi para pengelola TBM di Way Kanan untuk menampilkan hasil kreasi literasinya kepada khalayak umum”. ucapnya saat di Wawancarai Bidang Media.

Senada juga disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan Festival Literasi, Slamet Ridhoin bahwa “Acara tersebut akan menampilkan produk literasi dari puluhan TBM yang menampilkan tari Tradisional, atraksi budaya, story telling, dan kreasi 6 literasi dasar lainnya. Beberapa pihak penyelenggara yang terlibat dalam pelaksanaan selain pengurus Forum TBM Way Kanan yakni Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan, serta komunitas literasi lokal”. Menurutnya.

Geliat Literasi di Way Kanan Terus digulirkan sebagai Upaya percepatan serta mendorong Tumbuhnya Budaya baca Masyarakat, serta SDM yang Literat.