Judul Buku : Dongeng Anak Hebat: Kisah Pembentuk Karakter
Pengalih Bahasa : Sujatrini Liza
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Tebal : 183 halaman
Terbit : Cet. 4 2021

Terbitnya buku Dongeng Anak Hebat: Kisah Pembentuk Karakter akan menjawab pertanyaan tentang siapakan anak yang hebat? Jika kita membaca buku ini sampai selesai maka akan tahu jawabannya. Jawaban yang jika diformulasikan secara sederhana akan merujuk pada empat ciri anak hebat.

Pertama, anak yang hebat adalah anak yang suka membaca buku, terutama buku dongeng. Kenapa demikian? Karena jika anak tidak suka membaca, maka anak pasti tidak akan tertarik dengan buku ini. Jika tidak tertarik, maka tidak mungkin mau membaca buku ini. Jika tidak membaca, maka anak tidak akan tahu arti dan ciri anak hebat yang ingin disampaikan buku ini.

Kedua, anak hebat adalah anak yang tidak saja membaca buku ini, tetapi juga bisa paham dan hafal atas 23 dongeng dan puisi yang ada dalam buku ini. Hafal berarti bisa menceritakan ulang, sedangkan paham berarti tahu semua aspek yang ada dalam dongeng dan puisi di buku ini. Mulai tahu tokohnya, latarnya, alurnya, hingga tema dan pesannya. Jika bisa hafal dan paham, maka anak akan masuk dalam kategori cerdas. Anak hebat adalah anak yang cerdas.

Ketiga, anak hebat tidak hanya hafal dan paham, tetapi juga bisa menghubungkan segala dongeng, puisi, dan nilai dalam buku ini dengan kehidupan sehari-hari sehingga anak bisa mendapatkan makna cerita yang sesungguhnya. Misalnya, Yao yang telah mengambil bulan telah membuat semua mahluk setiap malam kegelapan. Dari sini anak paham bahwa sebagai manusia anak tidak boleh membuat hidup orang lain susah dan mengalami kesulitan karena keserakahan.

Keempat, jika anak sudah bisa mendapatkan makna atas dongeng dan puisi dalam buku ini, maka anak hebat adalah anak yang kreatif, yaitu anak yang memiliki ide untuk menulis dan kemudian menuliskan ide gagasannya menjadi karya. Bisa karya dalam bentuk puisi atau dongeng. Anak hebat adalah anak yang menjadikan buku ini sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk menulis.

Dengan keempat ciri ini, maka anak-anak hebat adalah anak yang telah mampu menjadikan buku ini sebagai sumber ilmu pengetahuan, kesadaran untuk menjadi anak baik, dan sumber gagasan untuk berkarya. Dari sini kita tahu bahwa anak-anak yang hebat yang dimaksud dalam buku ini adalah anak yang cerdas, baik, dan kreatif.

Litbang Forum TBM