,

Literasi Merdeka ala RBK


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
dibaca normal: 2 menit

Apel alegoris tingkat Kota Banjar peringatan HUT RI ke-72 ada yang berbeda dari  biasanya. Di tengah beragam kreativitas yang ditampilkan dari berbagai Dinas, OPD, kecamatan, desa dan kelurahan dengan beragam kekhasan masing-masing, Ruang Baca Komunitas (RBK) mengusung tema literasi atau pentingnya membaca. Berkolaborasi dengan rombongan Kelurahan Banjar dan Tim KKN UIN Bandung, RBK membawa tema spesial yaitu Literasi Merdeka.  “Salam Literasi, Indonesia Merdeka, Banjar Pintar, Banjar Hebat, Banjar Juara,” teriak mahasiswa KKN UIN Bandung yang menjadi Korlap diikuti ratusan rombongan yang secara bersama-sama meneriakkan yel-yel literasi dengan meriah. Di depan panggung kehormatan dimana ada Walikota, Wakil Walikota, Ketua DPR dan para pejabat Kota Banjar, rombongan ini terus meneriakan yel-yel  literasi tanpa henti. “Banjar …  Banjar … Banjar Juara … Banjar  Juara dengan Membaca,”  demikian yel-yel  itu terus membahana di tengah pesta pawai alegoris.

Di depan tribun kehormatan, Ketua Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK), Siti Maroah, S.Sos menyampaikan hadih spesial  berupa pigura besar yang berisi  photo-photo kegiatan literasi di Kota Banjar. Hadiah tersebut diterima langsung Walikota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si disaksikan para pejabat Kota Banjar lainnya.  “Kami ingi mengingatkan kepada para pejabat di Kota Banjar dan juga kepada masyarakat umumnya bahwa budaya literasi merupakan sesuatu yang penting dan karena itu jangan sampai dilupakan dari agenda pembangunan kota. Literasi adalah kunci bagi kemajuan bangsa,  literasi adalah kunci bagi kemajuan Kota kita tercinta,” ujar Sofian Munawar, MA  pendiri YRBK.

Semangat Kolaborasi 

Program Litera Merdeka yang digagas RBK meliputi rangkaian kegiatan untuk menyambut hari kemerdekaan . Selain turut serta dalam pawai alegoris, dalam peringatan HUT RI ke-72 ini RBK menggelar  apel literasi merdeka dan lomba Video Gerakan Literasi Sekolah (GLS) se-Kota Banjar. Dalam rangkaian kegiatan itu, RBK berkolaborasi dengan para mahasiswa UIN Bandung yang sedang melaksanakan KKN di Kota Banjar selain dengan para relawan RBK yang sudah biasa terlibat dalam berbagai kegiatan.

Dalam Apel Literasi Merdeka sehari sebelumnya, RBK telah mengumumkan pemenang lomba Video GLS-YRBK tingkat Kota Banjar. Juara pertama diraih oleh SMP Negeri 5 Banjar, Juara kedua SMP Negeri 3 Banjar, dan Juara ketiga SMP Negeri 1 Banjar. Sementara Tim Literasi dari SMA Negeri 1 Banjar, SMP Negeri 6 Banjar dan SD Negeri 1 Banjar mendapatkan posisi sebagai Juara Favorit. Selain itu ada juga lomba dadakan yang dipandu Tim KKN UIN Bandung dalam Apel Literasi Merdeka, yaitu lomba “Yel Literasi Sekolah”. SMP Negeri 10 Banjar menjadi juara Yel Terbaik, SMP Negeri 3 Banjar menjadi  juara Yel Terheboh dan SMP Negeri 5 Banjar meraih juara Yel terunik.  Dalam kesempatan itu, YRBK juga mendapatkan hadiah spesial kemerdekaan berupa tropi  “Anugrah Literasi 2017” yang diberikan langsung oleh Drs. H. Obang Subarman, M.Si. selaku Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kota Banjar. “Ini merupakan simbol dukungan kami untuk saling sinergi dan berkolaborasi untuk mendorong masyarakat agar gemar membaca, mencintai buku dan ilmu pengetahuan sebagai modal utama untuk meraih kemajuan,” pungkasnya. (Laporan Yogi Abdullah)

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan