, ,

Mendorong Peran TV Sebagai Pelengkap Literasi Keluarga


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
dibaca normal: 1 menit

Saya sudah lama tidak menonton TV Indonesia, tapi lebih memilih TV Ilmu Pengetahuan. Anak-anak kami juga sudah memahami itu. Selain karena bisa mengganggu kesehatan, juga bikin stress. Para ilmuwan Skotlandia mengamati, bahwa jika kita menonton TV antara 2 hingga 4 jam sehari, bisa kena jantung dan kematian dini. Gawat juga. Paling membuat saya khawatir, program TV di Indonesia lewat sinetronnya, mengajarkan kekerasan kepada anak kecil dan melawan kepada orang tua.

Ini memang dilematis. Saat saya bekerja sebagai tim kreatif di RCTI, hampir semua pelaku TV, seusai pertemuan kreatif berseloroh, “Jangan sampai anak kita nonton!” Saya dan teman-teman berusaha memberi masukan kepada PH, agar ceritanya mendidik dan menghibur. Kami bahkan berhasil menyingkirkan tayangan sinetron berbau mistik atau takhayul. Tapi saya tetap meletakkan TV di ruang keluarga sebagai pelengkap Perpustakaan di Rumah. Jika terpaksa harus menonton, saya dan istri menemani mereka.

Selasa 17/10/2017, saya kangen menonton TV Indonesia. Dan bakda subuh nonton NET TV. Wah, komposisi beritanya enak. Memotivasi pemirsa.

Seperti 3 berita aparat yang membantu masyarakat. Pertama, polisi yang membantu kelahiran warga di mobilnya di Jakarta. Kedua, seorang polisi mengangkut warga dari hutan ke Puskesmas Luwu, Sulawesi. Uniknya, warga yang mengalami luka bakar itu diikat di punggungnya, seolah sedang membawa ransel, naik-turun bukit, menyeberang sungai sejauh 5 km.

Berita ketiga menarik: Serda Giman. Dia naik motor ke pedalaman Jambi, seminggu sekali, menemui anak rimba. Dia mengajari anak-anak membaca dan menulis. Seperti yang pernah dilakukan Butet Manurung.

Jika berita TV seperti itu, saya rasa ruang keluarga kita sehat dan bergizi. Dengan populasi 200 juta lebih, saya yakin para video journalist bisa menemukan orang-orang hebat, yang tersembunyi di pelosok negeri ini. Dan TV akan jadi pelengkap literasi keluarga kita.**

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan