Oleh. Naufalia Qisthi*

Jumat,  5 April 2024 diselenggarakan penutupan Kampung Ramadan 1445 H di Komunitas Gada Membaca, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Acara ini dihadiri oleh H. Dadan Wiadi, S.T., MT., MMG., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Eka Yudha Katresna, S.Sos., MM., Kepala Bidang Pembinaan Paud dan PNF DISDIK Kabupaten Ciamis, Warjo Supriatna, S.IP., Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Kawali, dan dewan guru serta undangan lainnya.

Selama pelaksanaan Kampung Ramadan, diselenggarakan berbagai kegiatan bagi masyarakat; game edukasi, Forum Diskusi Organisasi, Kepemimpinan dan Kewirausahaan serta Pelatihan Menulis yang dapat diikuti secara gratis.

Diawali kegiatan hebyar lomba mewarnai menjadi salah satu magnet acara diikuti 126 peserta dari 9 lembaga PAUD/TK/RA setempat. Selain itu ada lomba membaca dan menulis tingkat SD/MI dengan peserta lomba membaca 55 peserta dan lomba menulis 60 peserta. Untuk menulis tingkat SMP diikuti 10 peserta.

Meski cuaca sedang hujan, peserta yang hadir dalam penutupan Kampung Ramadan dan para juara lomba berdatangan. Khusus untuk juara satu lomba menulis mereka diberikan kesempatan membacakan karyanya dihadapan hadirin penuh semangat, dengan tujuan bahwa karya tulis mereka layak diapresiasi.

Dilanjutkan dengan pembagian hadiah-hadiah bagi para juara lomba. Khusus bagi Aat Atiwi (ibu rumah tangga) pengunjung teladan yang memiliki dua kartu anggota dan biasa meminjam 12 buku setiap 2 Minggu sekali mendapatkan hadiah paket sembako yang diberikan oleh stakeholder yang hadir. Selain itu, Aat juga mendapatkan hadiah ayam seberat 4 kg.

Suasana kebersamaan Ramadan semakin terasa dengan acara buka puasa bersama sebagai penutup kegiatan ini.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan Kampung Ramadan yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Tunas Cendekia Foundation, Bank BJB KCP Kawali, Gramedia, Spirit Nabawiyah Community, Pelangi Mizan, UPT Perpustakaan Universitas Galuh, Duta Baca UNIGAL, Galuh Beraksi, Keluarga Mahasiswa Ciamis-Cirebon, Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 1 Kawali, serta pihak-pihak lainnya yang turut serta dalam mendukung kegiatan Kampung Ramadan.

Dengan adanya kegiatan pelibatan masyarakat melalui Kampung Ramadan 1445 H Komunitas Gada Membaca, masyarakat makin aktif dan terlibat penuh dalam berbagai kegiatan serta berdampak nyata dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, sekaligus memperkuat komitmen stakeholder dalam mendukung literasi masyarakat sehingga terbangun ekosistem gerakan literasi berkelanjutan.

 

*Relawan Komunitas Gada Membaca