Oleh. Awir*

Rabu Baca di Teras atau RaBaTe itu, kegiatannya membaca buku lalu berupaya membuat resensi dari buku yang di baca. RaBaTe bisa di ikuti oleh siapa saja. Tidak ada batasan usia dan juga tempat, (dari penjuru mana saja di negeri ini). RaBaTe kegiatan yang bisa dilakukan ditempat mana saja yang di sukai oleh pembacanya, bisa; di Rumah, kantor, di kenderaan, bahkan di ruangan yang amat sangat privat, dan mesti di lakukan hanya pada hari Rabu.

Teras Baca berusaha memiliki program khusus yang bisa menjaga dan melatih konsistensi membaca sekaligus menulis yang sebenarnya dibuat khusus untuk pegiat di Teras Baca, tapi akan amat sangat menarik bila ada orang lain juga terlibat. Hari Rabu adalah hari pertengahan diantara kesibukan menuju akhir pekan, itulah sebabnya hari rabu dipilih sebagai giat untuk RaBaTe ini. Agenda ini khusus hari rabu setiap pekannya, rutin.

Alasan khusus kenapa harus hari rabu adalah menghidupkan budaya baca dengan metode disiplin waktu serta menjadi pesta kecil pekanan bagi insan pembelajar sepanjang hayat. Menguji ketahanan diri pada proses pendisiplinan diri menuju pada kebutuhan primer di aspek literasi Baca tulis dan literasi digital.

kegiatan ini mengandalkan ruang sosmed sebagai sarana komunikasi utama antara peserta RaBaTe dengan pengurus program di Perpus Rumah Teras Baca. Juga sekaligus menjadi wadah silaturahmi antara sesama. Setiap pembaca yang sudah menyelesaikan tugas wajib posting bahan bacaan dan menandai akun official Intagram @Teras Baca, tentu sebagai bentuk kampanye literasi CaLisDig dan menjadi media bukan hanya sekadar mengabarkan aktivitas namun juga sebagai sarana dakwa. RaBate sudah dimulai sejak Februari 2024 dan sebanyak 33 orang relawan secara online atau offline terlibat. Dari Agenda ini sudah ada dua desain review buku untuk konten instagram teras yang sudah tayang, satu resensi di website forum TBM yang sudah tayang.

RaBaTe juga mengandalkan jejaring komunitas untuk mendukung gerakan ini, salah satunya Indo Relawan untuk rekutmen peserta kegiatan. Platform yang satu ini membantu dalam hal ketersediaan data dari program RaBaTe. Data yang kita miliki;
1. Grafik aktivitas program yang ada di Teras Baca khusus RaBate baik jumlah peserta (relawan) pembaca, buku yang di baca dan diresensi serta grafik konsistensi program yang dibaca oleh sistem baik pekan, bulan, dan tahun.
2. Dokumen/draf tulisan resensi buku.
3. Data diri peserta/relawan.

Ketentuan terlibat;
• *Untuk Luring: Pinjam-baca buku di Perpus Rumah Teras Baca.
• *Tamu/pengunjung boleh membaca tidak lebih dari 30 menit.
• *Untuk Daring: Baca buku dari rumah atau tempat mana saja yang kau senangi.
• *Tag foto dan komentarmu dari buku bacaan ke Ig @rumahterasbaca.

*Penulis adalah pengiat Perpustakaan Rumah Teras Baca Gorontalo