Oleh: Nina Daniati (Mamah Faiz)*

Minggu 31, Maret 2024
20 Romadhon 1445 H

Kegiatan positif di bulan Ramadan terus digalakan. Berbagi ilmu, berbagi wawasan kepada 90-95 anak-anak Madrasah Diniyah Takmiliyah AlHidayah, AlBarokah Kp.Cibuah dan Alfalah Kp.Saar Desa Citeras, bersama RSBS (Rumah Sampah Berbasis Sekolah) Sukahaji, Tasikmalaya.

Roadshow yang digalakan selama bulan Ramadan di 17 Kecamatan Wilayah Priangan Timur, kali ini mengunjungi wilayah Kecamatan Malangbong yang bertempat di Rumah Baca AlHidayah atau MDT AlHidatah Kp. Cibuah Desa Citeras Kecamatan Malanagbong.

Ketua penyeleggara sekaligus kepala MDT AlHidayah, Bapak Jubaedi mengungkapkan dalam sambutanya, bahwa “kegiatan ini merupakan ajang silaturahim antar madrasah agar saling mengenal , tidak ada perbedaan atau kesenjangan, merekatkan pesaudaraan antar sesama dsb.” Tuturnya.

Marawis atau hadroh dari Madrasah Alfalah sebagai pembuka yang dipandu langsung oleh Ustadah Ade dan Upu. Dilanjut pembacan ayat suci Al-Quran oleh Latifa Aquina Samita, pembacaan sholawat, himneu MDT dan acara pokok pemparan ilmu atau Roadshow Ramadan.

Nur Ridho Salim atau biasa disapa Mister Ridho yang merupakan trainer dari Sukahaji tersebut memberikan ilmu pada kami tentang bagaimana agar menjadi anak sholeh dan sholihah yang nantinya berbuah Surga. Diantaranya berbakti kepada orang tua, menjaga lisan dg perkataan yang baik, melaksanakn perintah Alloh, menjauhi laranganNya dan masih banyak lagi.

Selain itu sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan yankni Gerakan Mengurangi Sampah atau Gemas, dengan cara membiasakan belanja membawa kantong kain, jajan dengan membawa wadah atau misting sendiri serta solusi dalam upaya memberdayakan sampah diantaranya:
– Simpan sampah pada tempatnya
– Pilah sampah sesuai jenisnya
– Olah sampah dan kurangi sampah

Para peserta yang merupakan gabungan dari pengajian Madrasah Diniyah Takmiliyah ini sangat antusias dan terlihat asyik serta gembira dalam menyimak materi yang dipaparkan. Terlebih-lebih materi yag disampaikan dengan gaya asyik, penuhh humoris disertai fun game edukasi, islami menyenangkan hati.

Tak terasa 1 jam lebih pemaparan ilmu telah selesai. Doa tutup di seson pertama yang dipimpin oleh Ustad Uus dari AlFalah dipimpin dengan hidmat.

Dilanjut dengan gebyar membaca buku berupa buku-buku islami dan kisah para nabi yang wajib dibaca oleh para peserta dengan menyisihkan waktu 5-10menit.

Gebyar membaca telah selesai, dilanjut dengan penampilan beberapa kreasi seni berupa tarian islami dan sholawat yang dipersembahkan oleh anak-anak MDT Alfalah, Albarokah dan AlHidayah.

Menjelang 15 menit sebelum magrib semua peserta memasuki mesjid dan madrasah untuk mengikuti doa bersama. Tajil dan bingkisan buka bersamapun tak lupa disajikan.

Acara telah selesai. Shalat berjamaah magrib sebagai penutup dilaksanakan dengan penuh hidmat.

Semoga tahun depan kita dapat dipertemukan kembali dengan keadaan sehat walafiat ada dalam lindungan Allah SWT.

Jazakumullohu khoiron kastriiir terkhusus kepada para donatur yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu Bu hj Susilawati sebagai aparat pemerintahan wilayah sekaligus pengurus MDT kekamatan Malngbong syukron atas dukungan dan kerjasamanya. Juga sponsor langganan kami Bapak Agus Jaelani.

*Pegiat literasi Kab. Garut