, ,

Tentang Kami “Taman Baca Darmabakti”


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
dibaca normal: 3 menit

Taman Baca Darmbakti berdiri pada tanggal 03 Juni 2017, bermula dari keinginan menumbuhkan budaya membaca warga kota ini. Rantauprapat, kota yang merupakan ibukota Kabupaten Labuhanbatu. Labuhanbatu merupakan salah satu kabupaten literasi di Sumatera Utara, dengan kata lain gerakan literasi harus dibangun secara bersama-sama oleh pemerintah daerah dan semua lapisan masyarakat. Kota ini terus berkembang degan sejuta persoalan dan keterbatasannya, salah satunya  rendahnya minat membaca, sama seperti kota-kota lain di negeri ini. Ada kerinduan kita untuk memberi peran dalam menumbuhkan budaya membaca warga kota ini. Menyediakan buku-buku untuk dibaca di ruang-ruang publik, sehingga mudah diakses warga.

Ruang publik menjadi sasaran kita, seperti taman kota. Kita berharap anak-anak dapat bermain sembari membaca. Selain itu suasana taman kota yang asri akan memberi kenyamanan tersendiri bagi warga yang ingin membaca. Taman Anak Binaraga Rantauprapat menjadi pilihan kita. Ungkapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Labuhanbatu, bapak H. Said Adlin., S.Pd yang secara koooperatif memberikan izin bagi kita membuka lapak membaca di Taman Binaraga Rantauprapat. Tidak hanya itu, beliau juga degan senang hati mendonasikan buku-buku untuk Taman Baca Darmabakti.

Lapak membaca di Taman Anak Binaraga Rantauprapat  pertama kalinya dibuka pada tanggal 10 Juni 2017. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 15:00 s.d 18:30 wib. Untuk show pertama ini, banyak kisah dan pengalaman baru yang menarik. Awalnya banyak warga pengunjung taman yang tidak mau berkunjung ke lapak membaca ini. Berlalu tanpa sedikitpun menghiraukan buku-buku yang dipajangkan. Ajakan membaca kepada setiap pengunjung taman massif kita lakukan. Brosur yang berisi deskripsi kegiatan Taman Baca Darmabkti serta waktu kegiatannya juga kita bagikan.

Hari pertama show lapak membaca Taman Baca Darmabakti di Taman Binaraga Rantauprapat sudah berlalu, dengan berbagai kendala dan pengalaman yang menjadi guru. Minggu-minggu berikutnya tantangan baru muncul dan menghampiri. Membuat lapak membaca Taman Baca Darmabakti tetap menarik minat pengunjung taman merupakan tantangan terbesar. Menanamkan ketertarikan untuk membaca bagi pengunjug taman kota ini merupakan sebuah pekerjaan besar. Ide-ide kreatif serta buku-buku yang menarik merupakan keharusan untuk menarik minat pengunjung. Setiap minggu kita harus mengupayakan suasana yang baru agar warga terutama anak-anak mau singgah dan membaca. Lapak membaca ini kita modifikasi menjadi wadah bagi pengunjung utuk berkreasi dan mengekspresikan diri, seperti menggambar, mengenal huruf, serta belajar bahasa inggris kita lakukan.

Setiap minggu jumlah pengunjung berubah-ubah, kadang ramai dan kadang sepi. Hal itu menunjukkan bahwa budaya membaca yang masih rendah pada warga kota ini. Masih banyak pekerjaan rumah untuk menanamkan budaya membaca bagi warga kota ini. Tawa dan canda anak-anak serta pengunjung lapak membaca menjadi tawar bagi semangat yang kadang surut. Saat ini pengunjung tidak hanya anak-anak, ada juga orangtua. Adik-adik yang datang ke lapak membaca, kami arahkan juga untuk berinteraksi, menceritakan bagaimana sekolah mereka, diri mereka, teman-temanya, bahkan kendala-kendala yang mereka hadapi.

Hingga saat ini lapak membaca Taman Baca Darmabakti di Taman Binaraga Rantauprapat sudah mencapai pertemuan yang ke-22 kali. Masih banyak keterbatasan yang akan menjadi pekerjaan rumah di hari-hari yang akan datang.  Impian kedepannya adalah memberikan akses sebesa-besarnya akan buku-buku yang berkualitas kepada anak-anak hingga ke lorong-lorong desa yang terpencil dan jauh dari kota yang menjadi ibukota kabupaten ini. Bagi kami ini merupakan perjalanan awal. Langkah awal untuk memantapkan diri menjadi “pegiat literasi”. Proses akan memantapkan kami untuk mengembangkan Taman Baca Darmabakti tetap hadir memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Labuhanbatu.

Taman Baca Darmabakti sedang giat membangun jaringan kepada para donatur yang bermurah hati untuk mendapat tambahan buku-buku serta alat-alat tulis. Saat ini Taman Baca Darmabakti juga telah terdaftar di Donasi Buku yang berkerjasama dengan Bindiktra Kemenenterian dan kebudayaan. Kerjamasama ini sangat sempurna dengan hadirinya PT. Pos Indonesia dengan tidak membebankan biaya pengiriman (gratis) per tanggal 17 tiap bulannya. Selain terdaftar dalam donasi buku, Kita juga memanfaatkan media soaial untuk mecari informasi mengenai Taman Baca Masyarakat yang ada di berbagai daerah dan memperkenalkan Taman Baca Darmabakti yaitu Facebook (Taman Baca Darmabakti) dan Instagram (tamanbacadarmabakti). Dengan harapan yang sangat besar dapat merealisasikan visi dan misi Taman Baca Darmabakti.

Kita menyadari, perlu upaya yang lebih ekstra agar Taman Baca Darmabakti ini bisa tetap tumbuh dan memberikan manfaat bagi warga kota Rantauprapat dan Kabupaten Labuhanbatu ditengah-tengah generasi milenial yang apatis. Kerjasama dan semangat membuat Taman Baca Darmabakti bisa melangkah sejauh ini dan besar harapan kita dapat berkembang dalam meumbuhkan minat baca masyarakat. Kami percaya, teman-teman “pegiat literasiI” di berbagai daerah juga berjuang dengan setulus hati dan sekuat tenaga mampu mengatasi segala tantagan. Memberikan pelayanan dan akses terbaik bagi masyarakat khususnya anak-anak untuk menumbukan minat baca dan mendapatkan buku-buku terbaik. Menuju masyarakat yang berbudaya membaca.

#TBMstory2017

#Salamliterasi

#sahabatliterasi

#gerakanliterasilokal

#gerakanliterasinasional

Penulis : Taman Baca Darmabakti

Jl. Senam No.13 Rantauprapat Kel. Siringo-ringi, kec. Rantau Utara, Kab. Labuhanbatu 21413

CP : Rudi Tomson Hutasoit

081297437600

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan