,

Untuk Apa Jejaring Integritas?


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
dibaca normal: 3 menit

 

Jejaring Integritas merupakan salah satu implementasi Program Taman Literasi (Tali) Integritas yang dilakukan oleh Komunitas Matahari Pagi diperuntukan bagi entitas literasi yang peduli akan upaya pemberantasan korupsi melalui aksi literasi, selain dari Kelas Literasi yang diperuntukan bagi individu / perorangan, dengan tajuk yang sama : yaitu Cerdas Berintegritas. Tali Integritas itu sendiri merupakan program yang digagas oleh KPK melalui Pusat Edukasi Anti-korupsi bersama Forum TBM. KPK melalui Pusat Edukasi Anti-korupsi bersama Forum TBM telah memilih 40 TBM / lembaga literasi di seluruh Indonesia sebagai Panglima Integritas dan menjadi penyelenggara utama Program Tali Integritas, dimana Komunitas Matahari Pagi salah satu diantaranya.

Kita sudah sama-sama mengetahui jika korupsi sebagai salah satu kejahatan luar biasa dan sudah menjangkiti hampir seluruh sendi kehidupan, sehingga menjadi ancaman serius bagi masa depan bangsa Indonesia. Dilain pihak, entitas literasi merupakan motor utama dalam menghadirkan harapan akan masa depan yang lebih baik, untuk itu sangat berkepentingan dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi. Untuk itu, Komunitas Matahari Pagi melalui Jejaring Integritas mengajak entitas literasi untuk bergerak bersama dalam memperkuat penanaman nilai-nilai anti korupsi dimasyarakat.

Belum lagi jika kita mendefinisikan korupsi sebagai sebuah persekongkolan, baik itu oknum maupun sistem. Maka untuk menghadapinya diperlukan lebih dari sekedar jejaring, tetapi sudah membutuhkan kekuatan bersama, suatu gerakan yang masif. Namun demikian, dalam kaitan gerakan literasi merupakan suatu gerakan budaya, sehingga hal ini perlu dipandang sebagai sesuatu yang strategis, suatu usaha jangka panjang, usaha yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Semestinya, jika gerakan literasi ini berhasil melahirkan generasi yang literat, maka korupsi dan kejahatan-kejahatan luar biasa lainnya akan teratasi dengan sendirinya. Anggap saja Jejaring Integritas ini sebagai suatu usaha rintisan menuju kearah sana, sebagai suatu ikhtiar menjadikan literasi sebagai gerakan fungsional yaitu yang mengajak kita untuk yang rasional, kritis terhadap gelombang informasi, memiliki kepekaan sosial dan memiliki integritas yang tinggi.

Jejaring Integritas dirancang sebagai sarana interaksi entitas literasi dalam membentuk persepsi yang sama mengenai nilai-nilai anti korupsi untuk kemudian dapat dikembangkan menjadi berbagai kegiatan sesuai dengan ciri khas / karakteristik, sasaran maupun kondisi masing-masing entitas tersebut. Secara sederhana, misalnya persepsi mengenai 9 (sembilan) sifat integritas yaitu : kejujuran, kepedulian, kemandirian, kedisiplinan, keberanian, keadilan, kerja keras, tanggung jawab dan kesederhanaan. Nantinya dari kesembilan sifat tersebut, masing-masing entitas dapat memaknainya menjadi nilai-nilai yang aktual dalam kehidupan sehari-hari.

Dari hasil memaknai 9 (sembilan) sifat integritas tersebut, setiap entitas dapat menggali lebih dalam pesan yang terkandung dalam bahan pustaka yang telah disediakan oleh KPK. Dengan pemahaman yang lebih dalam (deep understanding) kita bukan saja sekedar memanfaatkan bahan pustaka KPK, yang lebih penting dari itu, kita menularkan semangat anti korupsi kepada audiens di entitas literasi kita.

Jejaring Integritas sebagai wadah untuk mempersamakan persepsi mengenai nilai-nilai anti korupsi akan suguhkan dalam bentuk kelas interaktif. Kelas tersebut tersedia dalam format kelas reguler dan kelas digital. Kelas reguler merupakan format interaksi secara langsung / tatap muka yang bertempat di sekretariat Komunitas Matahari Pagi. Kelas digital merupakan format online yang memanfaatkan aplikasi Edmodo. Peserta dapat mengikuti kelas secara fleksibel, baik waktu maupun tempat.

Jejaring Integritas akan mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018 dan akan menjadi agenda utama Komunitas Matahari Pagi sepanjang tahun 2018. Komunitas Matahari Pagi telah menyiapkan 4 (empat) modul sebagai panduan dalam memahami Integritas dalam konteks pemberantasan korupsi. Pertama, modul pengenalan mengnai “Program Tali Integritas” yang terdiri dari 4 (empat) sub modul yaitu : mengenal Program Tali Integritas, mengenal bahan pustaka Tali Integritas, contoh kegiatan Tali Intgeritas dan rencana aksi Program Tali Integritas. Kedua, modul “Siap Beraksi” terdiri dari 5 (lima) sub modul yakni : Aku Ingin Indonesia Tanpa Korupsi, Dampak Masif dan Biaya Korupsi, Pengertian, Bentuk-Bentuk, Contoh Kasus dan Rencana Aksi Berantas Korupsi, Strategi Pemberantasan dan Rencana Aksi Berantas Korupsi, Mimpi Indonesia Tanpa Korupsi. Ketiga, modul “Cermin Integritas” yang terdiri dari 3 (tiga) sub modul yaitu : Aksi Integritas untuk Berantas Korupsi, Contoh Tokoh Berintegritas, Refleksi Integritas Diri. Keempat, pada akhir tahun diharapkan bisa terselanggara Festival Integritas yang menampilkan kegiatan-kegiatan dari masing-masing peserta Jejaring Integritas.

Aris Munandar. Pegiat di Komuitas Matahari Pagi

*)   Tulisan ini pertama kali dimuat di www.mataharipagi.tk.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Facebook Comments
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tinggalkan Balasan