LOADING

Type to search

Opini

Kiat Anti Lupa

Edi Dimyati 2 tahun ago
Share

Merasa jadi pelupa? Biasa saja, setiap orang memang mempunyai batasan kemampuan untuk mengingat yang beda-beda. Tapi ada cara gampang mengasah daya ingat kita supaya lancar.Mau tahu? Simak saja kiat di bawah ini :

  • Mengatur Kegiatan Rutin. Segala aktifitas yang dilakukan sebaiknya terpola. Adakalanya kegiatan yang bersifat rutin harus ditata dan kalau bisa dicatat agar tidak lupa. Tulis besar-besar lalu tempel di dinding kamar atau lebih menarik bisa ditambah hiasan agar lebih atraktif.
  • Buat Daftar Prioritas. Ada kalanya setiap pekerjaan yang menumpuk menuntut cepat selesai. Makanya buat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan lebih dahulu. Jangan terpengaruh dan kaget kalau ada pekerjaan baru tidak disangka-sangka menuntut harus selesai lebih awal.
  • Pendengar yang Baik. Kalau berbicara dengan orang simak baik-baik apa yang disampaikan. Cara menyimaknya bisa beragam. Mungkin Anda tipe orang yang harus memperhatikan dengan seksama atau tipe orang yang cukup mendengarkan saja sambil mengerjakan sesuatu. Jangan pernah menyepelekan orang dengan bersikap cuek, selain bisa membuat orang tersinggung, informasi yang Anda dapatkan akan minim.
  • Hilangkan Rasa Khawatir yang Berlebihan. Ada kalanya kecemasan merunyamkan rencana yang sudah dibuat. Bertindak tenang akan lebih banyak membantu ketimbang serba tiba-tiba. Atur nafas Anda dan usahakan tenang dalam segala kondisi.
  • Permainan Asah Otak. Kalau ada waktu senggang, cobalah mencari permainan yang mengasah otak. Jangan terlalu banyak melamun. Coba bermain ¬†scrabel, catur, tebak-tebakan atau mengisi Teka Teki Silang (TTS). Selain referensi bertambah, melatih kecerdasan juga.
  • Baca Buku Detektif. Untuk melatih mempertajam daya ingat bisa dicoba baca buku-buku detektif. Selain mengasah rasa ingin tahu, bisa ikut melatih otak dalam urusan menganalisis permasalahan. Siapa tahu Anda bisa menebak alur cerita lebih dahulu plus solusi penyelesaian yang mungkin lebih seru dari cerita dalam buku tersebut.

ilustrasi: Gio

Tags:
Previous Article

You Might also Like

Leave a Comment