Oleh. Ipul Sae*

Menginjak awal bulan, terdapat canda dan tawa dari anak-anak penyintas thalasemia di ruang auditorium Museum Geologi Bandung, semuanya penuh cinta dan kasih, saling memberi kebahagiaan, semua itu, tumpah pada kegiatan “Kreativitas dan Karya Anak Thalasemia: Gembira, Mandiri dan Tangguh” pada hari Sabtu, 01 Juli 2023 yang digelar oleh Pengurus Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jawa Barat.

Kegiatan tersebut, ialah rangkaian dari program Krida Kreasi Gerakan Revolusi Mental Forum TBM Jawa Barat 2023 yang bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang dimana ada beberapa rangkaian kegiatan di bulan Juli-Agustus 2023.

Menurut Ketua Pengurus Wilayah Forum TBM Jawa Barat, Aam Siti Aminah pada sambutannya pada kegiatan Kreativitas dan Karya Anak Thalasemia: Gembira, Mandiri dan Tangguh, “Tahun ini Forum TBM Jawa Barat bekerjasama dengan Menko PMK dalam menyuarakan Gerakan Revolusi Mental, yang di mana ada beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya kegiatan pada hari ini, dan kegiatan ini ialah kegiatan pertama pada rangkain Program Krida Kreasi Gerakan Revolusi Mental Forum TBM Jawa Barat 2023.” Kata Aam.

Adapun rangkaian kegiatan dari program Krida Kreasi Revolusi Mental Forum TBM Jawa Barat, Juli – Agustus 2023:

1. Kreativitas dan Karya Anak Thalasemia: “Anak Thalasemia Gembira, Mandiri dan Tangguh”

2. Seminar¬† “Krida Kreasi Revolusi Mental”

3. Siniar/Podcast ” Gerakan Indonesia Bersih”

4. Penanaman Pohon “Sahabat Pohon bersama Anak-anak”

Untuk kegiatan Kreativitas dan Karya Anak Thalasemia: Gembira, Mandiri dan Tangguh, Forum TBM Jawa Barat juga tentunya bekerjasama dengan Relawan Donor Darah dan Thalasemia Indonesia (ReDTI) dan Paguyuban Orang Tua Thalasemia di Majalaya.

Kegiatan pun diawali dengan kreasi anak-anak thalasemia dengan membuat kreasi dari kertas dan menggambar bumi yang dipandu oleh langsung oleh teman-teman pengurus Forum TBM Jawa Barat. Selain itu juga ada suguhan dongeng yang tak kalah seru dari pendongeng asal Bandung; Kang Budi Euy dan Ayah Salwa. Karena tempat kegiatan di Museum Geologi, tentunya anak-anak diajak keliling di dalam Museum Geologi.

Ketua Paguyuban Orang Tua Thalasemia Majalaya Tatang Subagya menyebutkan, “terima kasih kepada Forum TBM Jawa Barat yang sudah bermitra dengan kami, dan sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama anak-anak menebar kebahagiaan dan memberi motivasi. Dengan adanya kegiatan pada hari ini, anak-anak sangat senang sekali” ujar Tatang.

*Kepala BPOPSDM PW Forum TBM Jawa Barat