Oleh. Atep Kurnia*

Bagaimana orang Bandung berlebaran Idulfitri zaman dulu? Saya mendapatkan gambarannya dari dua tulisan, yaitu “Karamean Lebaran di Bandoeng” (Sipatahoenan, 30 Desember 1935) dan “Lebaran di Bandoeng” (Sipatahoenan, 8 Desember 1937).

Pada awal tulisan pertama disebutkan meski sedang krisis ekonomi, tapi lebaran di Bandung lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya. Penandanya antara lain toko-toko penuh oleh orang yang berbelanja dan pada malam takbiran banyak orang yang menyulut petasan (“Sanadjan ajeuna kawengkoe keneh koe oesoem tigerat, tapi bisa oge diseboetkeun Lebaran di Bandoeng mah, leuwih rame ti batan taoen toekang. Noe pangheulana ditangenkeun djaba ti pinoehna di oenggal toko koe noe baralandja teh, dina maleman takbiran ngaborobotna sora noe njareungeutan petasan leuwih rongkah batan taoen toekang, djigana bae doemeh harga pepetasan henteu sakoemaha mahalna”).

Pagi harinya, saat lebaran, banyak orang yang pergi ke Masjid Agung di Alun-alun Bandung. Banyak orang yang tidak bisa masuk ke dalam masjid, sehingga ribuan orang hanya dapat berdiri di jalan dan sebagian lagi menonton iring-iringan bupati Bandung (“Isoek-isoek noe daratang ka Masdjid, leuwih rea batan taoen toekang, oerang bisa nangenkeun koemaha padet djeung dedetna Masdjid Agoeng di aloen-aloen Bandoeng, pirang-pirang djalma noe henteu bisa asoep, aja reboena noe kapaksa narangtoeng bae di djalan. Sawareh aja oge noe ngan woengkoel laladjo bae, laladjo iringan Kg. Boepati”).

Saat itu Masjid Agung Bandung baru saja diperluas ke kanan dan ke kiri. Khutbah bupati Bandung disampaikan dengan menggunakan bahasa Sunda (“Pinoeh kasoegemaan djalma anoe ka masdjid teh, lain doemeh masdjid agoeng geus dilegaan bae ka gigir kentja-katochoena, tapi di na hoetbah oge tjara di masdjid modern bae make ditetelakeun koe basa Soenda”). Termasuk bupati Bandung yang berpidato dalam bahasa Sunda, sehingga banyak yang merasa sedih (“Kg. Boepati nee biantara [hoetbah] koe basa Soenda teh roepa-roepa nasehat noe patali kana agama, temahna rea noe ngarasa sedih”).

Sehabis salat Id, bupati Bandung turun dari masjid, diikuti banyak orang seraya ditingkahi tabuhan perkakas terebang, dan didahului dengan kuda kosong yang dihias bagus sekali (“Kg. Boepati loengsoer ti Masdjid diiring koe pirang-pirang djalma, bari dipirig koe noe nabeuh terebang, ari noe pangheulana ‘koeda kosong’ noe dirarahaban aloes pisan”). Saat mendekati pendopo, bupati disambut letusan meriam beberapa kali, dan pendopo disesaki orang yang menyambutnya. Suasana kian meriah karena petasan disulut. Di pendopo juga disediakan untuk sedekah dan di serambinya para istri pejabat dan tamu-tamu bangsa Eropa sudah menanti. Demikian di halaman sebelah barat, fakir-miskin sudah menanti bupati yang akan berbagi.

Sementara di Alun-alun Bandung berlangsung pasar malam yang menyajikan tontonan siang, bahkan ada pertandingan gulat. Sayang, penontonnya tidak banyak. Karena banyak orang saat itu lebih memilih berziarah ke kuburan. Tapi malamnya, karena cuaca cerah, banyak orang yang melancong ke pasar malam. Bupati Bandung menyampaikan pidato mengenai Idulfitri melalui corong radio NIROM pada pukul 23.00.

Pada tulisan “Lebaran di Bandoeng”, suasana lebaran di Bandung ditingkahi hujan sejak subuh, dan terus gerimis hingga pukul 08.00 lebih. Tapi orang yang menyulut petasan lebih semarak dari tahun sebelumnya, disulut sejak sore sebelumnya hingga pukul sepuluhan hari lebaran (“Kaajaan powean lebaran, tetendjoan djeung dedengean, nja tjara noe enggeus2 bae. Ngan noe pangheulana

kabandoengan teh eta sora petasan, ajeuna mah leuwih rame ti batan ka toekang, morobot ti pasosore keneh, taroes nepi ka isoekna wantji petjat sawed teu kendat, pangramena kaisoeknakeun”).

Namun, yang datang ke Masjid Agung Bandung agak berkurang, agaknya karena banyak yang pergi ke tempat lain. Saat itu juga bupati Bandung yang khutbah dengan disiarkan langsung radio VORL, sehingga usai salat subuh para pendengar dapat menyimak takbiran dari Masjid Agung hingga khutbah bupati Bandung (“Kawas taoen toekang bae, lebaran ajeuna oge kg. Dalam maos choetbah, ngan ajeuna embohna teh make gebroadcast koe VORL. Atoeh sabada salat soeboeh oge sawareh luisteraars mah geus bisa ngadengekeun takbir ti saimah-imahna, nus toeloej nja disamboeng koe choetbah pangawoelaan tea”).

Setelah salat Id, seperti biasa, bupati Bandung diiring oleh para penggawa pamongpraja, kaum masjid, dan masing-masing golongan Islam, menuju pendopo, seraya ditingkahi tabuhan musik terebang. Di pendopo, rombongan disambut letusan beragam petasan dan gelegar meriam yang disulut sebagai penanda berakhirnya bulan Ramadan.

Sebagian orang kemudian berkumpul di pendopo, makan-minum dan sebagian lagi rebutan bersalaman dengan bupati karena waktu di dalam masjid tidak sempat melakukannya. Setelah bersalaman, barulah mereka mengundurkan diri dari pendopo (“Di pendopo sawareh teroes koempoel, dahar-leueut, noe tjan kabagean keur di masigit atoeh paheula-heula moendjoengan ka kg. Dalem: geus kitoe mah noengtoetan bae boebaran”).

 

Keteranan Foro: Masjid Agung Bandung sekitar tahun 1927.

Sumber: KITLV 157836

 

*Pengurus Pusat Forum TBM Divisi Litbang