Oleh. Juli Yandika*

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan komunitas literasi di Lubuklinggau akhirnya memiliki wadah untuk berjejaring di bawah bendera Forum TBM.

Dijembatani oleh penulis sekaligus founder Benny Institute, Benny Arnas, Musyawarah Daerah (Musda) Forum TBM digelar via Zoom pada 1 Juli 2024.

“Alhamdulillah, ini merupakan langkah positif bagi gerakan literasi di Lubuklinggau. Semoga kita bisa bersinergi dengan adanya wadah ini,” ungkap RD. Kedum, penyair yang juga pendiri Komunitas Mlangun.

Dihadiri oleh 9 TBM, akhirnya terbentuk pengurus daerah (PD) yang dipilih secara aklamasi, yakni:

Ketua: R.N. Sri Rati Melani
Sekretaris: Mustakim Jayusman
Bendahara: Anggun

Sri Rati Melanie terkenal sebagai pegiat literasi yang aktif di banyak komunitas dan kegiatan. Tahun 2019 ia bahkan menjadi produser pelaksana Residensi Literasi Digital tingkat Nasional yang kala itu diselenggarakan di Lubuklinggau.

Selanjutnya, Melanie, dkk. akan menyusun kepengurusan melalui rapat internal.

Meskipun geliat literasi di Lubuklinggau cukup marak, terutama dua dekade terakhir, namun belum ada wadah yang menyatukan mereka dalam jejaring.

“Terbentuknya PD Forum TBM Masyarakat ini membuat gerakan-gerakan literasi kita lebih memiliki arah, target, dan capaian yang lebih terang ke depannya,” pungkas Benny Arnas di sebelum menutup Musda.

*Anggota presidium Musda