Oleh : Munasyaroh*

Pada Sabtu, tanggal 30 Maret 2024, Taman Baca Nusantara Dusun Ngrawan Desa Dolopo menjadi saksi dari pelaksanaan Musyawarah Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) Kabupaten Madiun. Acara yang berlangsung dari pukul 20.00 hingga 22.30 WIB ini merupakan tonggak penting dalam memajukan literasi di wilayah tersebut.

Dengan dihadiri oleh berbagai perwakilan anggota TBM di Wilayah Kabupaten Madiun dan 3 Pengurus Wilayah Forum TBM Jawa Timur, acara ini membahas beberapa agenda krusial yang penting bagi keorganisasian Forum TBM Kabupaten Madiun untuk periode mendatang. Diantara perwakilan TBM yang hadir ada TBM Bina Ilmu, TBM Nusantara, TBM Mlilir Kakasato, TBM KI Ageng Selo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Musyawarah ini tidak hanya sebuah acara biasa, tetapi juga menunjukkan komitmen dari segenap yang hadir untuk melangkah ke depan menuju literasi yang penuh kesejahteraan. Pimpinan sidang musyawarah, yang terdiri dari Ahmad Ikhwan Susilo (Sekretaris Forum TBM Jatim) dan Jauharul Abidin (Bidang Organisasi Forum TBM Jatim), memimpin jalannya musyawarah dengan lancar. Dalam acara tersebut, tiga agenda utama dibahas secara mendalam:

1. Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan Forum TBM Daerah Madiun Periode 2018-2023

Sebagai pembuka rangkaian acara Musyawarah, diawali dengan pembahasan laporan pertanggungjawaban kepengurusan Forum TBM Kabupaten Madiun periode sebelumnya, yaitu 2018-2023. Langkah ini sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kinerja kepengurusan sebelumnya. Dalam diskusi yang berlangsung dengan serius tapi santai tersebut menghasilkan keputusan pengesahan laporan pertanggungjawaban pengurus.

2. Pemilihan Ketua Forum TBM Kabupaten Madiun Periode 2024-2029

Pembahasan sekaligus keputusan yang paling dinanti dalam Musyawarah Daerah ke-2 ini adalah pemilihan Ketua Forum TBM Kabupaten Madiun untuk periode 2024-2029. Melalui proses yang demokratis, Sdr. Rosidin, M.Pd.I terpilih sebagai Ketua yang baru. Pemilihan ini merupakan langkah awal untuk gerakan literasi Forum TBM Kabupaten Madiun kedepan.

3. Penetapan Rekomendasi untuk Pengurus Daerah Forum TBM Daerah Kabupaten Madiun Periode 2024-2029

Musyawarah juga menghasilkan rekomendasi penting untuk pengurus daerah Forum TBM Daerah Kabupaten Madiun. Ini termasuk menyusun kepengurusan, mengajukan pengesahan kepengurusan, menyusun program kerja, dan menyusun jadwal rapat kerja. Langkah-langkah ini menjadi landasan untuk menjalankan program literasi di wilayah tersebut.

Susunan Pengurus Forum TBM Kabupaten Madiun Tahun 2024-2029

Di bawah kepemimpinan Ketua Rosidin, M.Pd.I, pengurus Forum TBM Kabupaten Madiun periode 2024-2029 telah ditetapkan. Sekretarisnya adalah Evarista K. S.Pd. dan Bendaharanya adalah Susanto, S.Pd. Mereka akan dibantu oleh individu-individu yang berkualitas dan berkomitmen di beberapa bidang. Diantaranya bidang organisasi, komunikasi, program dan kemitraan.

Membangun Literasi Menuju Masa Depan yang Lebih Cerah

Melalui kerja keras dan kolaborasi yang solid antara pengurus dan anggota Forum TBM diharapkan ada perubahan positif dalam tingkat literasi di Kabupaten Madiun. Semangat dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat Madiun ini semoga terus berkobar dan menjadi pendorong bagi pengurus Daerah lainnya untuk melakukan hal yang sama demi terciptanya masyarakat yang cerdas dan berpengetahuan. Semoga literasi menjadi fokus utama dalam setiap langkah kita menuju masa depan yang lebih cerah.

*Pengurus Wilayah Forum TBM Jawa Timur