Oleh : Evan Nur Hakim*

Lampung Barat– Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelolaan Komunitas yang Prima, dan
memperkuat Gerakan literasi di Kabupaten Lampung Barat. Kantor Bahasa Provinsi Lampung bekerja sama dengan Tim Gerakan Literasi Daerah Kabupaten Lampung Barat melakukan Pelatihan pemberdayaan komunitas Penggerak Literasi Tahun 2024.

Kegiatan diikuti, Peserta utusan komunitas dan pengelola lamban baca yang berasal dari Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Lampung Barat, Seperti : Balik Bukit, Batu Brak, Pagar Dewa, Sekincau, dan Way Tenong yang berjumlah 30 orang. Pendampingan yang dilakukan pada Tanggal 19 – 20 Maret 2024 ini bertempat di Wisma Bintang Tani, Jalan Lintas Liwa KM 50 Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat, Bapak Syafaruddin, S.Pd., M.Pd.I.

Syafaruddin dalam sambutannya mengatakan tujuan kegiatan ini tentunya untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas para penggiat literasi di daerah. Ia mengaku sangat berterima kasih atas kerja yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

“Saya sangat mengapresiasi kerja Kantor Bahasa Provinsi Lampung yang bekerjasama dengan Gerakan Literasi Daerah Kabupaten Lampung Barat,” ungkapnya.

Sedangkan Desi Ari Presanti. S.S., M.Hum. selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, menyampaikan agar masyarakat literasi Kabupaten Lampung Barat mulai meningkatkan kemampuan manajemen, Program Kerja, dan Kemampuan penggeraknya.

“Kabupaten Lampung Barat sangat potensial untuk menjadi contoh pengelolaan organisasi Lembaganya, dengan bergabung dalam Tim GLD Lampung Barat, memudahkan masyarakat untuk saling bersinergi dengan komunitas yang sudah bergerak” jelasnya.

Pada hari pertama materi disampaikan oleh ; Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Ibu Desi Pressanti, S.S. , M.Hum. (Kebijakan Gerakan Literasi Nasional), Wakil Ketua I Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Bunda Yusmalasari, S.Si. (Penyusunan Program Komunitas Literasi yang Kreatif), Sekretaris Dinas Kominfo Lampung Barat, Bapak Indrayani, M.Pd. (Cerdas Berliterasi Digital). Dilanjutkan buka puasa bersama.

Sedangkan di hari kedua, materi diisi oleh; Bapak Erwin Wibowo (Sosialisasi Bantuan Pemerintah untuk Komunitas Penggerak Literasi), dan Bapak Ahmadi, S.H. / Sekretaris Tim GLD (Menulis Puisi berdasarkan karya cerpen AA Navis “Robohnya Surau Kami”).

Koordinator Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM) Kabupaten Lampung Barat Evan Nurhakim, S.Pd. ucapkan terima kasih atas pembinaan serta motivasi melalui kegiatan tersebut.

“Kami dapat belajar banyak hal dari kegiatan ini serta dapat bertukar pikiran serta program kerja yang kreatif-kreatif dan sangat bermanfaat bagi kami melalui kegiatan peningkatan kapasitas komunitas literasi Kabupaten lampung barat ini, terutama bagi para penggerak literasi yang masih pemula/ baru di kabupaten Lampung Barat ini. Kami juga menerima dan siap berkolaborasi dengan pihak manapun untuk mengembangkan gerakan literasi yang ada di daerah atau pekon kami khusunya kabupaten Lampung Barat. Ujar Pegiat literasi Teras Pelajar tersebut.

Hasil dari kegiatan ini nantinya dapat menguatkan kolaborasi sesama Stakeholder. karena gerakan ini butuh saling berkaitan dan saling menguntungkan dalam konteks dampak manfaat dan tujuan dari literasi itu sendiri. Setidaknya hal itulah yang menjadi topik pembahasan yang dikupas oleh peserta bersama narasumber dalam Kabupaten Lampung Barat melalui kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi ini.

*) Kordinator Calon Pengurus Daerah Forum TBM Kabupaten Lampung Barat