Oleh. Anastasia Regina*

Judul Buku: Perjalanan Panjang Kumpulan Puisi dari Seorang Guru Sekolah Dasar untuk Murid-muridnya

Penulis: Didi Suwardi

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Tahun terbit: 2019

Tebal Buku: 89 halaman (61 judul puisi)

Didi Suwardi, S.Pd adalah guru SDN Tugu Utara 01 Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Beliau merupakan ayah satu anak bernama Siti Soviatu Zahra dan suami dari Anah, S.Pd yang juga berprofesi sebagai guru di SDN Gunung Mas Kecamatan Cisarua dengan kegemaran menulis salah satunya menulis puisi.

Buku ini berisi kumpulan 61 judul puisi dari seorang guru sebagai ungkapan rasa sayangnya kepada para anak didik sang penulis. Semua waktu penulisan berbagai judul puisi yang ditulis bertempat di Puncak, Juni 2018, meskipun ada beberapa puisinya yang punya banyak baris. Tak hanya itu, dalam buku ini juga terdapat ilustrasi bahkan di akhir puisinya terhadap dokumen foto peserta didik penulis di persawahan dengan dua foto gaya bebas mereka, ini betul-betul cinta penulis sebagai guru kepada muridnya. Kalimat puisinya pun sederhana, tanpa menggunakan majas tertentu nan rumit seperti yang dilakukan oleh para penyair bersastra tinggi.

Buku ini bisa jadi bacaan yang ringan namun berbobot dan indah bagi semua orang juga bisa menginspirasi para guru dalam memberikan rasa cinta dengan peserta didik sebagai pengabdian tulusnya dalam mengajar, mendidik, dan membimbing para generasi penerus bangsa.

*Pegiat Literasi/Relawan Sigupai Membaco