Oleh. Jarwo Songha*

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung mengadakan¬†Workshop Pegiat Literasi Daerah Provinsi Lampung Tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Swiss Bell Bandar Lampung ini mengangkat tema “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial mewujudkan Ekosistem Digital”.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Bapak Ir. Fahrizal Darminto, MA. Acara yang digelar pada, selasa 11 Juli 2023 ini dihadiri oleh 50 peserta yang merupakan para pegiat literasi di Provinsi Lampung. Selain itu, ada juga peserta yang hadir daring melalui zoom Meeting, sebanyak 75 orang Pereakilan dari TBM dan Komunitas yang berasal dari 15 kabupaten/kota di Lampung.

Acara berlangsung dari pukul 08.00 – 17.30 WIB. Acara diisi oleh para master literasi nasional, Yoga Pratama dan Ibu Nella. Selain itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Riski Sofyan, S.STP., M.Si juga turut mengisi materi.

Tujuan diadakannya workshop ini adalah tercapainya sinergritas dalam penyusunan program kegiatan pegiat literasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung dan Perpustakaan Nasional RI, dalam rangka membangun Indonesia Maju dan Unggul melalui masyarakat gemar membaca, cerdas, inovatif, produktif, dan kompetitif.

Aprilia Fitriningsih, peserta perwakilan peserta dari Read Aloud Lampung sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah mendorong komunitas untuk Bergerak bersama.

 

*Pengurus Daerah Forum TBM Kota Metro.