Kepuk, 2/10. Kegiatan Sedekah Buku dengan tema “Menjaga Literasi Merawat Tradisi” diinisiasi Rumah Baca Ilalang (RBI) Jepara. Kegiatan ini adalah program kerja sama dengan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa, Jakarta, yang berfokus pada persoalan literasi. Acara dihadiri oleh beberapa pejabat daerah seperti Kepala Desa Kepuk, beberapa tokoh masyarakat setempat, DISDIKPORA dan DISPARBUD Jepara. Selain hadir mendukung kegiatan, Ketua Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa, Putra Aditya Hidayat juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Baca Ilalang yang berada di desa Kepuk. Menariknya, kegiatan ini bertepatan dengan Hari Batik Nasional, sehingga panitia menetapkan batik sebagai dresscode untuk seluruh panitia dan tamu undangan.
“Harapannya, kegiatan yang bertema Menjaga Literasi Merawat Tradisi ini, bisa menjadi langkah nyata untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama anak– anak.” Selain itu, moto “Membangun Kecerdasan Bangsa, dia harapkan mempu menularkan semangat tumbuh bersama di rumah baca. Dan, ia juga berharap kepada pemerintah agar dapat mendukung seluruh kegiatan, siapa tahu bisa menginspirasi daerah – daerah lain. Putra juga menambahkan bahwa dalam acara sedekah buku ini, YBKB memberikan donasi sekitar 500 buku, yang terdiri dari buku sekolah atau pelajaran, cerita, cerpen, dan komik.

Desa Kepuk, Jepara, terpilih dalam program Sedekah Buku karena wilayah ini merupakan titik strategis. Jepara sendiri memiliki keunikan serta potensi untuk dikembangkan.
Lebih lanjut dalam acara tersebut, beberapa pejabat pun memberi sambutan, salah satunya adalah dari DISDIKPORA Jepara, Agus Triharjono. Beliau mengungkapkan bahwa budaya baca di daerah masih sangat minim. Untuk itu, beliau mengajak masyarakat agar gemar membaca, karena membaca menjadi keterampilan dasar dalam berlitasi, sehingga ke depannya, masyarakat mampu menghadapi tantangan zaman.

Desa Kepuk juga dikenal sebagai Desa Budaya. Oleh karena itu, dalam acara tersebut juga ditampilkan beberapa tari–tarian dan drama musikal yang mengangkat tema kearifan lokal. Seluruh kegiatan melibatkan anak–anak dari desa setempat.
Sebagai penutup, Den Hasan selaku Ketua Forum TBM Kab. Jepara menekankan pentingnya kesadaran untuk memotivasi seluruh pihak, mulai dari warga hingga perangkat desa untuk saling bahu membahu menjalin kerja sama demi kemajuan Desa Kepuk. Salah satu upaya mudah yang bisa dilakukan dengan mengajak seluruh komponen untuk gemar membaca.

Infokom Forum TBM