Ketika berkunjung ke TBM Saung Lestari di Desa Bangsri RT 06 RW 09 Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes ini, kita akan terpesona dengan berbagai kegiatan literasi yang menarik.
TBM yang diinisiasi oleh Nur Mukholidin, Muhlis Riyanto, dan Mujib Durahman ini membawa konsep TBM yang berfokus pada peran TBM sebagai sumber informasi masyarakat.
TBM Saung Lestari dikelola dan dikembangkan sebagai tempat bagi masyarakat untuk mengakses informasi. Masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa datang untuk mendapatkan informasi, terutama informasi dalam buku-buku yang dipinjamkan.

Dari sinilah, dengan berbagai kegiatan dan akses informasi, perlahan-lahan TBM Saung Lestari bertransformasi menjadi TBM dengan konsep wisata pendidikan yang mampu membuat dan mengembangkan kecerdasan dan kreativitas masyarakat sekitar.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan TBM Saung Lestari antara lain GEMAR, yaitu gerakan membaca sejak dini, menonton bareng film legenda budaya yang menggunakan LCD proyektor, pembelajaran bahasa krama dan Inggris, serta belajar menghapal doa sehari-hari. Kegiatan-kegiatan literasi tersebut dilakukan secara intens dan banyak masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Selama pandemi Covid-19, TBM Saung Lestari tetap melakukan berbagai kegiatan, dengan membatasi pengunjung.Namun, berapa pun masyarakat yang datang saat pandemi, kegiatan di TBM Saung Lestari berjalan dengan baik.

Dengan kegiatan TBM yang terus bergerak, diharapan tujuan yang menjadi visi perjuangan TBM dapat terwujud, yaitu membudayakan masyarakat sadar literasi dan mewujudkan TBM sebagai pusat literasi berbasis budaya. Adanya desa literasi sebagai objek wisata mampu menjadi kawah candradimuka yang menjadikan masyarakatnya guyub dan rukun membangun desa bersama.

TBM Saung Lestari akan terus bergerak dan tetap semangat berliterasi sehingga gerak TBM Saung Lestari akan terus memberikan kontribusi pada gerakan literasi yang dilakukan TBM seluruh Indonesia. Dengan gerakan literasi inilah, TBM di Indonesia akan terus bisa memberikan pembelajaran terbaik untuk seluruh masyarakat.

Dukungan pemerintah daerah baik bupati maupun dari dinas pendidikan begitu penting. Dukungan ini dilakukan dengan mendampingi para pegiat literasi, terutama yang ada di Brebes, karena saat ini yang dibutuhkan para pegiat literasi itu banyak. Bukan hanya bahan bacaan, tapi sarana prasarana dalam meliterasikan masyarakat.

Divisi Infokom dan Litbang Forum TBM